GoTabligh.com

Comments

RSS feed for comments on this post.

The URL to TrackBack this entry is: http://gotabligh.com/kritiksilapcriticismmistake/ustaz-hakim-abdat-jamaah-tabligh-firqah-sesat-terbesar-di-dunia.html/trackback

  1. masyaAllah ya syeikh,,
    afwan,,,tahdzir atas amir abdat ini tidak sedikit, bahkan semanhajnya pun telah mengatakan ia sebagai ahlul hadats,

    semoga Allah beri dia hidayah atau Allah beri dia jalan yang terbaik atas Qoulnya ini,,

    Comment by Ahsan — October 27, 2011 @ 4:34 pm

  2. try tengok web nih.

    http://fakta.blogsome.com/2008/01/11/abdul-hakim-abdat-pakar-hadits-indonesia/

    saya pun tak faham apa yang disampaikan. tapi saja nak quote nih

    “Dalam artikel “Sururiyyah Terus Melanda Muslimin Indonesia”, yang merupakan transkrip dari kajian Al Ustadz Muhammad Umar As Sewed. Beliau bersaksi tentang keadaan Abdul Hakim Abdat sbb :
    “Adapun Abdul Hakim Amir Abdat dari satu sisi lebih parah dari mereka, dan sisi lain sama saja. Bahwasannya dia ini, dari satu sisi lebih parah karena dia otodidak dan tidak jelas belajarnya, sehingga lebih parah karena banyak menjawab dengan pikirannya sendiri. Memang dengan hadits tetapi kemudian hadits diterangkan dengan pikirannya sendiri,?”
    “?Ini kekurangan ajarannya Abdul Hakim ini disebabkan karena dia menafsirkan seenak sendiri dan memahami seenaknya sendiri. Tafsirnya dengan Qultu, saya katakan, saya berkata, begitu. Ya.., di dalam riwayat ini?ini? dan saya katakan, seakan-akan dia kedudukannya seperti para ulama, padahal dari mana dia belajarnya?”
    “?Sampai disebutkan oleh Syaikh Yahya Al Hajuri di Yaman, ketika ditanyakan tentang Abdul Hakim , “Siapa?”, lalu diterangkan kemudian sampai pada pantalon (celana tipis yang biasa dipakai untuk acara resmi ala Barat, berpadu dengan jas dan dasinya, red), ?Hah huwa Mubanthal (pemakai panthalon, celana panjang biasa yang memperlihatkan bentuk pantatnya dan kemaluannya itu)”, “Iya syaikh”, “Allah, yakfi, yakfi, yakfihi annahu mubantol”. “Cukup kamu katakan dengan dia memakai panthalon saja untuk dikatakan, “Jangan mengaji sama dia?, sudah cukup bagi saya, apalagi yang lebih dari itu.” [1] Lebih lengkapnya pembaca menyimak juga artikel berjudul Syaikh Yahya ? Siapakah Abdul Hakim bin Amir Abdat [2], fatwa yang dibawakan Syaikh Yahya Al Hajuri Yaman dan diterjemahkan al Ustadz Qomar ZA, Lc. Juga kaset ustadz Abu Mas?ud saat membantah prinsip sesat Abdul Hakim, ada di Bab XIV Al Muntada Al Sofwa, Menyoroti Kiprah Dakwah Ihya Turots dkk di Indonesia. [3]”

    wallahua’lam

    ~Ahsan: apa maksud ahlul hadats?

    Comment by syuk — October 31, 2011 @ 1:59 am

  3. hehehe,salh sya tuan coz tak pndai ikhram ustaz,,elders kte bgtau,muncul nya kebatilan d dunia ni sebb daie tak buat keptusan untk jdkan dakwah mksd hidup..ustaz ni tak slh,die org brilmu,kte kene prasgka baik dgn die,klu ALLAH plih die buat usha agme,die jute2 lbh baik dri sye n daie yg ade kat dunie ni..do hdayat utk die,dri sndri n seluruh umat smpi hri kiamat,,,

    Comment by mican abu ayub alansari — November 4, 2011 @ 7:36 am

  4. dlu pun sye tak suke usaha ni,tp ble da ALLAH plih khuruj,3 hari ngis taubat nasuha,,keluar 40 hari,hati jd hancur,longlai,rase mcm dunie ni da tkde ape,,klu la wktu tu ade org bgi penyepak sekali kat sye,pasti sye anggap dri sye yg slh,coz tak pndi jge amal hgga ALLAH hntr org lain utk tegur sye,,padan muke ak,,jgn trkesan tuan,kte buat je keje ni smpi ALLAH buat keputusn yg pling terbaik utk umat ni,,doakn sye 4 buln scepat mgkin n seluruh umat,,amin

    Comment by mican abu ayub alansari — November 4, 2011 @ 7:45 am

  5. Kepada sesiapa yang rasa dirinya perlu pergi jumpa orang ini. Mungkin dengan cara Ikram ataupun Berhujjah atau apa sahaja cara yang tebaiik setelah buat mesyuarat.

    Comment by GOTABLIGH.COM — November 4, 2011 @ 9:43 pm

  6. kesian mereka ini menuduh tanpa dalil melainka hujah dan alsan.Sedang protes orng bidaah trnyata sepanjang protes itu sendiri satu bentuk yng menyalahi sunnah.Kesian merasakan diri pandai tetapi lagi memperlihatkan kejahilannya

    Comment by utuh karya jaya — November 7, 2011 @ 11:21 am

  7. sheikh.. bagi penapar keluar 1 tahun selayaknya untuk Ustaz Abdul Hakim Amir Abdat.. ada berani.. =)

    Comment by umat nabi saw — November 8, 2011 @ 11:02 pm

  8. dh berpuluh-puluh thn org m’buruk2kn usaha ni,, tp usaha ni mkin hr mkin meningkat….
    sape yg pelihara????
    ALLAH!!!!!

    Comment by Izram — November 9, 2011 @ 11:25 pm

  9. assalamualaikum…search dalam youtube “syeikh nuruddin al banjari penerangan tentang jemaah tabligh” atau jenguk blog ana http://syukri-abdullah.blogspot.com …mungkin di sana ada jawapannya… saborr je la….dalam usaha dakwah memang ada tentangan…cuba tengok kisah nabi kat TAIF…berapa sangat di bandingkan dengan ‘ujian’ yg kita buat …sabarlah… :)

    Comment by ahmad syukri abdullah — November 10, 2011 @ 12:11 am

  10. adakah benar yg pengasas jamaah tabligh ini mendapat mimpi seperti yg diperkatakan oleh penceramah? tolong jawab…kerana perkara ini merupakan kata kunci bg golongan ini

    Comment by hambaALLAH — November 16, 2011 @ 11:19 am

  11. Kasihannya ustaz ni,kasihan……kasihan sekiranya dia yang berilmu tinggi tapi tak dapat merasa nikmat 100 kali syurga.. hanya syurga biasa,belum cerita fitnahnya kepada jemaah,menjawablah di padang mahsyar. Nampaknya mungkin di akhirat nanti,banyak orang awam akan lebih tinggi darjatnya dari ustaz ustaz ni.

    Comment by Wan Timun — November 17, 2011 @ 5:20 am

  12. Ustaz ni seperti badut kepada pendengar yang duduk dalam ceramah agamanya,ahli ahli dunia duduk mendengar ceramah AGAMA sambil ketawa terbahak bahak lalu memuji ustaz ini,katanya,”pandai betul ustaz ini berceramah”.
    Si badut,walau pun ustaz atau maulana,apa yang dia tahu mengenai alam kesufian kerana hidupnya dan ilmu agamanya yang dimilikinya hanya untuk duduk di kerusi alim ulama dengan bangga dalam diamnya,bangga sebagai seorang yang pandai dalam agama,dipuji puji oleh semua orang awam yang bodoh akhirat dan akan bertanya segala hal agama kepadanya,dan sampai hal hal ghaib. Si Badut akan menentukan dengan kebijaksanaannya dalam agama,siapa yang sesat dan siapa yang tidak.Sebab dia tahu, Allah tak berfirman dengan semua manusia ketika ini untuk menghukum siapa yang sesat atau tidak,Nabi pun dah tiada. Macam macam ulama akhir zaman ini…..

    (oleh:yg bodoh tapi alhamdulillah,,,celik)

    Comment by Wan Timun — November 17, 2011 @ 5:45 am

  13. smga ALLAH SWT m’mbrikan Hidayah kpd Bliau dn Qt smua, t’khsus Ummat Nabi Muhammad SAW, AmiiN!!!

    Comment by Karkun Hapokisadara — November 20, 2011 @ 7:49 pm

  14. ?Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.
    Al Qur’an.? (Hujurat:12)

    Comment by Diki — November 30, 2011 @ 8:02 pm

  15. banyak berdzikir ustad, apapun yg anda bilang usaha dakwah ini semakin berkembang didunia, alhamdulillah ya ALLOH

    Comment by indra — December 2, 2011 @ 6:36 pm

  16. baju aja gak ikut cara rasullulloh bagaimana ngomong2 sunnah n hadist,tak pantes kamu….
    km seperti orang yahudi.

    Comment by erfan — December 3, 2011 @ 4:16 pm

  17. memang sah lah ularmak wakil lidah yahudi dan nasarah untuk hina tabligh

    Comment by lovdin — December 8, 2011 @ 8:45 pm

  18. erghh…kasihan ustaz ni…jauhnya dia pergi…

    Comment by Is — December 13, 2011 @ 5:50 pm

  19. smg Allah taala bg kfhmn & hdayah buat smua umat

    Comment by arffn — December 20, 2011 @ 4:12 pm

  20. Apabila umatku sudah mengagungkan dunia maka akan dicabutlah kehebatan Islam; dan apabila mereka meninggalkan aktivitas amar ma?ruf nahi munkar, maka akan diharamkan keberkahan wahyu; dan apabila umatku saling mencaci, maka jatuhlah mereka dalam pandangan Allah. semoga Allah memberikan beliau hidayah

    Comment by rudyjo — December 21, 2011 @ 12:32 pm

  21. Fatwa tersebut Salafi belum mengenal sholat isyroq

    Comment by Sabur — December 28, 2011 @ 9:36 pm

  22. dakwah tabligh ni hok allah,sape tak suka dia tak suka ngn allah,sape kata tabligh ni sesat sbnrnya dia kata allah sesat n dsgnya.so kt srh pd allah yg buat kptsn kpd mrk2 spt ulamak nih.usaha ni bkn dtg dr fikrah manusia tp dr al-quran hadis n hayatussohabah tp sbb kt jahil sbb kt tak korban maka kt cari nas xketemu.doa spy allah bg taufik hidayah plh semua ummat nabi wat usaha ni hgga qiamat amin.usaha dakwah tabligh tlh b’grk dlm 260 negara,yg ada markaz 210 negara.dgn asbab usaha ni amalan agama tlh b’kmbg slrh dunia.org dpt hidayah msk islam pun ratusan org setiap hari.

    Comment by ibnusumayyah — December 31, 2011 @ 11:33 am

  23. semoga Allah memberi aku dan beliau hidayah

    Comment by gkey — January 4, 2012 @ 5:58 pm

  24. Subhanallah,..

    Comment by mantan karkun — January 8, 2012 @ 1:16 am

  25. gajah dipelupuk mata tiada kelihatan…. semut yang diseberang lautan jelas kelihatan……aaaakh keterlaluaaan, yeaaaaaach

    Comment by cakqim — January 17, 2012 @ 5:10 am

  26. Biasalah Salafi, perpanjangan tangan Yahudi dan Nasrani. Atau mereka kerja sama. Atau mereka bermain dibelakang Salafi. Kasihan Salafi Kampungan, maksudnya ang dikampung mereka tak menyadari diperalat. Dengan berbagai macam cara mereka merusak umat Islam.

    Allah Swt telah berfirman didalam suar Albagarah 120 ” Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka…. dst”

    Mari kita lihat apa apa yang ditudingkan oleh Salafi perpanjangan tangan Yahudi Nasrani, kepada Jemaah Tabligh dan umat Islam lainnya :
    1.Jangan jawab salam mereka
    2.Jangan duduk bersama mereka
    3.Tahlilan Bid’ah
    4.Maulid bid’ah
    5.Salaman selesai sholat bid’ah
    6.Berdoa selesai salat bid’ah
    7.Membaca Alfatihah selesai solat bid’ah
    8.dsb (silahkan ditambah bagi yang ingat)

    Semua berintikan akan Iman umat supaya menjadi lemah, persatuan dan silaturrhmi umat menjadi lemah akhirnya umat islam tidak berjemaah lagi bercerai berai dan individualis, tak peduli dengan saudara dan bersilaturrahmi.

    Mereka terhadap orang islam sendiri menyerangnya. Jemaah tabligh sesat, Ikhwanul muslim, dll mereka anggap sesat. Sementara orang orang yang benar benar sesat tidak mereka “bid’ahi” tidak mereka serang. Bukankah ini pertanda perpanjangan tangan orang yahudi dan nasrani ? Atau mereka tidak menyadari diper-alat.

    Wahai Salafi berhentilahmelakukan tindakan seperti itu, mari ilmu yang kamu miliki untuk berdakwah membina umat. Kamu yang mengaku Salafush Sholeh bagaimana diajarkan oleh Rasulullah berdakwah ? Bukankah harus bersikap lembut ? Bukan memaksa dan bukan menghukumi orang masuk Neraka ? Cukuplah Allah saja yang menentukan seseorang masuk neraka, karena Allah Maha penerima Taubat, sementara kamu tidak mengetahui apakah mereka telah bertobat atau belaum dari kesalahannya.

    Sikap demikian bukanlah ciri ciri seorang Salafi yang salafus Sholeh. Tetapi adalah :
    SALAh FIkir
    SAhabat LAma FIra,un
    Perpanjangan tangan orang orang Yahudi dan Nasrani.

    Di TVRI kedok anda sudah dibukankan oleh para Ulama. Sadarlah.

    Yang benar datangnya dari Allah swt.

    Comment by nanang lesmana — January 20, 2012 @ 3:16 pm

  27. Terimakasih ustadz….bukan hanya ulama2 Salafi saja yang berpendapat seperti anda, tetapi umumnya ulama2 di dunia juga berpendapat seperti apa yang anda uraikan. Sebagai pemerhati gerakan Islam dunia (perlu digarisbawahi, saya sama sekali bukan golongan apapun dari firqah2 Islam yang ada di dunia ini), saya telah begitu banyak menemukan keburukan-keburukan Jama’ah Tabligh (JT/Jaulah)di samping kebaikan2 yang sedikit padanya. Para ulama telah menganalisa secara sungguh-sungguh beberapa kitab yang ditulis Muhammad Ilyas Al-Kandahlawi (terutama kitab Tablighin Nishab / Fadha-ilul A’mal)dan pembesar-pembesar JT, bahwa didalamnya banyak sekali terdapat hadits2 maudhu’ bahkan palsu, cerita2 israiliyat serta penafsiran2 baru yang sembrono dan bertentangan dengan kitab2 tafsir besar para ulama salaf maupun khalaf. Pengikut JT umumnya keras kepala (bukan keras hati)terutama berkaitan dengan doktrin yang mereka terima dari amir atau pemimpin2 mereka. Keengganan mereka untuk menuntut ilmu2 agama dan upaya menyelami agama Islam secara akurat membuat mereka konservatif/fanatisme membuta. Terlalu sulit membuka pintu kesadaran mereka akan jalan kesesatan yang mereka tempuh, akan tetapi tidak ada alasan bagi kita untuk pesimis. Jangan pernah surut mengajak mereka kepada jalan yang benar. Saya berharap kiranya Allah SWT mengampuni mereka dan dengan sifat Rahmah-Nya menggiring mereka semua kembali kepada jalan kebenaran-Nya. Wallahu a’lam bis showab.

    Comment by Abd. Habib Al-Huda — January 27, 2012 @ 2:17 am

  28. Doktrin2 Salafi (seperti juga doktrin2 firqah lainnya) juga masih banyak yang perlu dikaji ulang, akan tetapi kekacauan dalam doktrin dan metode dakwah Jamaah Tabligh sudah begitu jauh menyimpang dari Sunnah Rasulullah SAW, maka kewajiban kita kaum Muslimin di belahan bumi manapun untuk mengingatkan mereka tentang kesesatan jalan yang mereka tempuh. Tapi anehnya, setiap pendapat dan penilaian “orang luar” atas mereka selalu saja membuat mereka berang dan sempit dada, tanpa mau menjadikan semua itu sebagai wahana introspeksi diri. Saya salut dengan upaya mereka mengajak orang2 tuk meramaikan masjid, shalat di awal waktu dan berjama’ah, mendakwahi siapa saja yang ditemui, menebar salam dll (karena semua itu memang bersumber dari ajaran Rasulullah SAW), namun semua itu seolah-olah debu yang berterbangan karena doktrin yang mereka yakini sangat fatal kesesatannya. Apa yang menurut kita baik, belum tentu baik menurut Allah, dan apa yang menurut kita buruk belum tentu buruk menurut Allah. Kebenaran mutlak milik Allah, tetapi Allah dan Rasul-Nya telah menurunkan alat berupa ilmu dan kaedah2nya yang jelas untuk memberikan penilaian apakah sesuatu itu baik atau buruk. Di tangan para ulama lah ilmu itu tergenggam (Al-’Ulama-u warasatil Anbiya’). Maka, jika ada ulama2 yang dipandang mu’tabar dan dikenal ketinggian ilmu dan sifat wara’nya memberikan penilaian miring kepada JT, kewajiban kita adalah mempelajarinya dan mengikutinya. Bukan malah membenci dan melaknat ulama2 tersebut. Hingga saat ini saya belum mendapati kemunculan ulama2 yang berkwalitas di kalangan JT yang berusaha menjelaskan doktrin dan metode dakwah mereka secara jelas dan menerangkan sumber2 istinbath hukum tentang keabsahan tariqah mereka. Semoga Allah mengampuni mereka dan menyadarkan mereka. Amin yaa Rabbal ‘aalamin.

    Comment by Abd. Habib Al-Huda — January 27, 2012 @ 2:39 am

  29. Sudah beratus kali saya melakukan dialog dengan para pengikut JT dan pemimpin2nya (karena kami memang akrab bersaudara dan saling menghargai satu sama lain) tentang agama Islam dan usaha dakwah yang mereka tempuh, bahkan sampai larut malam. Tetapi beratus kali pula kami berselisih pendapat, tidak ada titik temu. Lebih sering 1 (saya) vs 2, 3, 4 dst mereka, namun kebanyakan diantara mereka tidak begitu faham dengan materi yang sedang dibahas, terutama masalah tauhid, tafsir qur’an wal hadits dan fiqh serta metode istinbath hukum Islam yang disepakati para ulama. Ya Allah, gerangan apakah yang sedang berkecamuk di hati saudara2ku yang selalu aktif 5 waktu bersamaku di masjid kami yang sunyi? Ampunilah kami ya Allah.

    Comment by Abd. Habib Al-Huda — January 27, 2012 @ 2:50 am

  30. slam, saya rasa ustaz abdul halim cenderung kepihak yg tidak suka denngan tablihg, atau pun ustaz abdul halim memang kurang faham tentang agama, bukan maksud saya abdul halim itu jahil tidak!! tapi tidak faham tentang agama, ini maksud saya, kita tidak boleh mengatakan tablihg sesat, kerana tablihg bukan satu fahaman yg keluar dari islam, tapi yang salah bukan tablihg tapi sebahgian orang tablihg yang salah, cuba faham betul??

    Comment by yahya — January 27, 2012 @ 1:31 pm

  31. USTAZ HAKIM ABDAD…ADALAH USTAZ PALING SESAT DI DUNIA.!!1

    Comment by acok tang. — January 29, 2012 @ 12:38 am

  32. Minta JAKIM pantau Pusat Yayasan Taalim ini di TTDI. Byk menyebarkan ajaran2 Islam yg bertentangan dgn manhaj Ahlis Sunnah wal Jamaah Malaysia. totok2 wahabi dan salafi byk lepak sini

    Comment by Iznan — January 31, 2012 @ 2:50 pm

  33. salam… syukur pada Allah swt kerana kita di berinya taufik dan hidayah untk dpat ini kalimah Laillahaillah..

    Comment by awang shadan — February 2, 2012 @ 10:34 am

  34. salam..tapi yang sesat yg nyata org Islam yang tak solah dan berani langgar perintah Allah tak ikut cara nabi way of life. ikut org lain no ganjaran or keuntunggan

    Comment by awang shadan — February 2, 2012 @ 11:06 am

  35. Abd. Habib Al-Huda, anda perlu meluangkan waktu untuk suhbah dengan ulama dakwah tabligh yang sangat banyak di belahan bumi ini, kalau anda memang mau mencari kebenaran, argumen anda tentang ahli dakwah tabligh pun perlu anda tabayyun kan lagi karena ini akan menjadi bumerang untuk anda kalau tidak benar dan anda pun harus adil dalam pernyataan anda karena adil dekat dengan taqwa, bisa saja niat anda baik untuk memperbaiki kesalahan orang tetapi anda tidak hikmah dalam penyampaian, akan lebih baik anda terjun langsung dalam medan dakwah dan tabligh agama yang memang umat memerlukan orang seperti anda daripada anda mengkritik ahli dakwah yang menyebabkan mereka tidak mau lagi luangkan waktu untuk kerja dakwah dan tabligh, sehingga umat akan semakin jauh dari agama ISLAM. apakah ini kehendak anda ???? saya rasa tidak. Yang ingin umat islam jauh dari agamanya adalah iblis dan bala tentaranya termasuk dari kalangan yahudi dan nasrani.

    Comment by abdillah — February 5, 2012 @ 2:49 pm

  36. Wahai Abdillah saudaraku seiman, bertaubatlah kepada Allah SWT. Bukalah mata hati anda yang mulai rabun dan perdalamlah “ilmu kearifan Islam” serta bergaullah dengan para Ulama yang wara’ dan bersahaja. Cobalah belajar mengkomunikasikan fikiran anda secara baik dan benar untuk meraih ridho Allah SWT. Ketahuilah, Iblis dan bala tentaranya akan lebih mudah menyusup dan meninabobokkan bahkan menghancurkan orang bodoh. Camkanlah kata2 saya ini, mulailah memikirkannya dan mohonlah kepada Allah atas bimbingan-Nya. Dakwah dan Ibadah tanpa ilmu dan kearifan akan menyebabkan kesesatan dan kejumudan. Jika anda menginginkan saya bertabayyun dengan pemimpin2 / Ulama2 tertinggi JT , saya siap melayaninya kapan saja, walaupun sebelumnya saya sudah banyak bermudzakarah dengan pemimpin2 JT di daerah saya. Saya tidak ingin berdebat, tapi dalam rangka mencari dan menemukan kebenaran berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits saya bersedia melayani tantangan anda. Silakan tuliskan nama lengkap, alamat dan no. hp. Anda. Mari kita mulai mengatur jadwal pertemuan untuk mudzakarah. Semoga Allah SWT meridhoi pertemuan kita kelak. Amien.

    Comment by Abd. Habib Al-Huda — February 9, 2012 @ 2:35 am

  37. Islam datang pada masa jahiliyah dalam keadaan asing, dan telah datang masanya di mana islam saat ini dirasakan asing oleh pemeluknya. Sungguh benar sabda Rasulullah shallallahu ?alaihi wa sallam yang artinya, ?Sesungguhnya Islam dimulai dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana awalnya, maka thuuba (beruntunglah) orang-orang yang asing? (HR Muslim).

    Comment by umar — February 11, 2012 @ 12:52 pm

  38. Usaha baiki iman dlm usaha dakwah amat bkesan skali tiada sangka buruk

    Comment by mohd haizan — February 15, 2012 @ 2:23 pm

  39. Salam hadirin yang mulia, dahulu saya adalah seorang insan bermasalah yang hidup dgn penuh kemaksiatan. Sehinggalah suatu hari sy dinasihati seorang sahabat utk bersolah. Alhamdulillah selepas teguran itu, saya mula menjaga solah. Berkat solah bbrp tahun, sbhgn dari maksiat tlh berjaya saya tinggalkan. Dan sebahagian lagi masih berterusan krn tidak mampu ditinggalkan walaupun telah dicuba bbrp kali(krg iman agaknya). Tapi yang sedihnya, hanya solah fardhu itulah shj yang saya tahu dan sy amalkan walaupun semasa solah jiwa terasa kosong dan tiada kenikmatan. Solah-solah sunat, zikir dan bacaan al-quran masih tdk dpt diamalkan. Maksud hidup pun masih tak tahu. Sbhg mungkar masih dilakukan dan tiada langsung perasaan menyayangi/menghormati orang lain kecuali keluarga sendiri. Tetapi alhamdulillah selepas diberi peluang oleh Allah SWT mengikuti khuruj di jalan Allah buat pertama kali, byk perubahan yang telah diberikan. Perkara yang pertama sekali yang diberi oleh Allah SWT ialah Iman Yakin yang benar padaNya dan perasaan yang membara untuk mengikuti sunnah-sunnah Nabi SAW dlm seluruh kehidupan. Yang bestnya maksiat juga telah berjaya sy tinggalkan. Solah dan puasa yang ditinggalkan dulu-dulu telah mula diganti. Bukan itu sahaja perasaan ingin belajar dan mencari ilmu meluap-luap di dalam dada, habis shj khuruj trus berkelana mencari ilmu dgn ustaz-ustaz dan orang-orang yang lebih arif. Cari buku-buku dan tonton rancangan yang berunsurkan agama (dulunya tak minat langsung). Alhamdulillah kini, dari seorang yang tak tahu apa-apa, saya dah mula memahami tujuan kita dihantar kedunia ini, merasa kenikmatan dalam solah dan amal-amal agama, mengetahui hukum hakam dlm islam (walaupun masih tidak sepenuhnya) dan terbit perasaan menyayangi umat Nabi Muhammad SAW walaupun dia seorang yang kafir. Hati jadi terlalu tenang yg tak boleh digambarkan dengan kata-kata. JADI bermulanya saya minat kepada ILMU ialah apabila saya mula beri masa untuk khuruj di jalan Allah (yg mana sblmnya sy tidak berminat kpd ilmu). Dgn mengorbankan harta, diri & masa di jalanNya, Allah SWT pasti tdk akan mensia-siakan kita. Cube kita fikirkan bersama, hanya dgn keluar 3 hari pertama, Allah SWT telah memberikan hadiah yang paling besar kpd kita iaitu dpt menjaga solah berjemaah (amal yang paling besar dan amal pertama yg akan dihitung di padang mashar, kalau solah diterima semua amal diterima, jk sebaliknya, semua amal tidak diterima) dan dgn mudah dpt mengamalkan sunnah kekasihnya. Adakah ini sesuatu yang biasa? Tidak ia sgt “amazing”, krn tiada amalan lain yang dpt memberikan kesan yang begitu ketara dalam masa yang amat singkat. Hidayah hanya akan terhasil apabila korban dilakukan…Allah SWT menggetahui mana hamba-hambanya yang benar…. Wallahualam

    Comment by Hamba Allah — February 16, 2012 @ 11:32 am

  40. Bapak Abd.Habib Al Huda, sampean kalau mau mendapatkan rincian dari usaha dakwah dan tabligh secara tuntas, bapak bisa bermudzakarah dengan Ustadz Luthfi Yusuf Al-Banjary, bagaimana?

    Comment by Ahur — February 18, 2012 @ 7:42 am

  41. sesungguhx yg sesat dan bid’ah iu otaknya hakim abdat, slalu kaji alqur’an dan hadits tp masih G’ paham2, memang yg nenberikan kepahaman itu hanya Allah SWT, dan jln Ntuk mendapatkan kepahaman hanya dgn jln kita berkorban harta dan diri waktu kluar menyanpaikan ini agama,

    Comment by iwan — February 19, 2012 @ 9:28 pm

  42. masya Allah,, knpa diantara sesama saudara saling mengina,,,,??? mari kita sibukkan diri kita untuk memperbaiki diri….. Wallahu ‘alam bishshowaf…

    Comment by ardy — February 23, 2012 @ 11:43 pm

  43. salam buat pak Ustd Hakim Abdat,dulu saya adalah seorang ahli maksiat,kerja saya mabuk,zina di Kafe-Kafe,alhamdulillah berkat asbab hidayah yang dibawa jamaah tablig semua maksiat hampir 100% saya tinggalkan dan sholat lima waktu tidak pernah sya tinggalkan lagi,jadi menurut saya,seandainya saya menunggu asbab hidayah yang dibawa oleh pak ustad mungkin sampai saat ini saya tidak akan bisa meninggalkan perbuatan maksiat,dan pak ustd hakim tidak pernah mengingatkan saya untuk meninggalkan maksiat,kalau anda Dakwah tidak dengan mendatangi umat,maka di Kafe-Kafe akan banyak orang yang terus terjerumus dalam dosa,Mari Dakwah kan agama ini dengan mendatangi umat dg niat lillahitaala,masih banyak saudara2 kita yang belum mau taat kepada Allah dipasar2,di kafe2 kalau hanya dg ceramah2 saudara2 kita yg brada dipasar2,dikafe2 gak bakalan ketemu,dan jangan guna kan agama untuk cari uang. “KESALAH YANG BESAR ADALAH ORANG YG TIDAK PERNAH MENGAKU SALAH”
    Anda adalah ulama umat ini adalah tanggung jawab anda,kamu akan bertanggung jawab di akhirat nanti

    Comment by agusresnun — February 25, 2012 @ 12:32 pm

  44. Wahabi salafi = sesat dalam cahaya.

    Comment by anonimus — February 27, 2012 @ 5:24 pm

  45. Slm

    Aku tak tau mana Ust ni dpt Info ttg Almarhum Maulana Ilyas dpt so called ‘wahyu’ dr mimpi. Ust ni tak baca Buku ttg Maulana Ilyas ka? Aku pernah baca buku ttg Maulana Ilyas, takde pun arahan dr mimpi. Kalau salah, ini fitnah. Takkan nak sebarkan fitnah yg mana jutaan org seluruh dunia baca?… Adoii… Siapa mau tanggung dosa fitnah nih?.. Camne nk minta maaf sama Maulana Ilyas yang sudah ada dalam kubur? Kesian…

    Kita org Islam… Kita diajar untuk cari jodoh kita solat Istikarah mohon petunjuk dari Allah. Bahkan ada perkara yang penting juga kita solat istikarah atau bermesyuarah dengan orang yg kite percaya. Sepatutnya orang yang berilmu ini lebih maklum ttentang hal ini.

    Jika di mahkamah, penuduh dan pendakwa diberi peluang untuk berucap atau bercakap atau berhujah. Rasanya di Indonesia sendiri ramai pak Kiai atau Ulama yang join JT. Kenapa tidak di tanyakan pada mereka sendiri?..

    Comment by Ip Pin — February 28, 2012 @ 6:06 pm

  46. Ustad Ndak Punya Latar Belakang Ulama Ngomongin Ulama. Ustad Bapaknya Ulama nga? Jangan Ngomongin Orang Bisa Jadi Orang yang di omongin Lebih Mulia Daripada yang ngomong.

    Parah Betul ni Orang yang posting videonya Si Hakim Abdat Ini.

    Istighfar banyak2 orang yang menyebarkan fitnah ini. Tanggung sendiri Akibatnya Nanti

    Comment by taufan — March 9, 2012 @ 5:48 pm

  47. Mhon buat tetangga ustadz hakim agar sampaikan kepadanya biar dia bnyak2 istigfar dan shalat taubat… Kalau tak mampu buat dakwah dgn harta dan diri tak usah mngelak kalau orang buat usaha dakwah tu sesat, bnyak skrg ustadz dan ulama menjual agama sehingga agama buat cari uang,
    Cb buka qisos(kisah2 nabi) bagaimana agama tersebar? Dgan duduk2 ceramah masjdkah? Dgn duduk2 manis dirumah kah?
    Kita blg org sesat apakah kt tdak sesat???
    Ustadz,ulama dan org bodoh sama2 manusia. Jd apa yg dia blg kalo bkan dasar hadis dan alquran. Sama saja ngarang2,jd tak usah kt ambik tau. Buat tak tau je, apa yg di cakp ustadz hakim tu tak ngaruh buat umat lain wlpun org awam sekali. Smngat jhe lah buat dakwah dan tabligh,karna tu perintah allah swt. Prbnyak silaturrahmi. Fikir umat sluruh alam.insya allah….!!!!

    Comment by azes.alfarisy — March 9, 2012 @ 9:44 pm

  48. Ulamak2 besar dunia pun xlantng menuduh jmh tabligh sesat..ini pulak..buat keputusan yg binasa diri dan umat..mna ada ahli jemaah tabligh yg mati dlm keadaan hina…klu orng tpi jln cakap tu xkisah la..ini cakap pasal khuruj ngan mimpi apahal pulak..sy pernah ke istimak tongi sdngkn mufti zainal abidin pernah angkat tngan sambil bkata ‘demi Allah ini adalh usaha yg hak’ ..

    Comment by karkun alami — March 22, 2012 @ 11:35 pm

  49. Keputusan binasa buat diri dan umat…lbh baik diam klu jahil bab tabligh..wajah pun xdak nur..

    Comment by karkun alami — March 22, 2012 @ 11:38 pm

  50. Assalamualaikum ustaz Abdat, kami semua ihwan mendoakan anda semoga anda diberi hidayah kalau toh anda mencerca menghina kami nanti kita ketemu diiakhirat siapa yang benar siapa yang salah menurut Allah, Anda mengatakan anda benar tapi dimata Allah kita dak tau semoga anda diberi hidayann untuk berdaakwah mengamalkan agama dan mengajak umat seperti kami yang tak perlu dibayar,diongkosi kami datang sendiri kepada umat digunung dipulau ditalang dikampung bahkan di hutan terpencil

    Comment by H.Kaprawi Imyuh SPdI — March 24, 2012 @ 9:03 am

  51. bisa ajari saya tentang jamaah tabligh tersebut secara lebih jelas?
    siapa saja boleh?
    ditunggu ya.
    wassalamu’alaikum

    Comment by Abu Aliefz — March 24, 2012 @ 3:57 pm

  52. Rasulullah.SAW bersabda “apabila ada yg mengatakan umat itu rusak maka dialah manusia yg paling rusak”

    kita diwajibkan untuk saling memuliakan sesama muslim dan tercelalah orang yg suka mencela/menghina sesama muslim..selama mereka mengajak kepada kebajikan itu adalah pahala yang mulia..

    Allah SWT berfirman: Ikutilah orang orang yang tidak meminta imbalan kepadamu.karena merekalah yang mendapat petunjuk(QS.YASIN 21)

    mana ikromul muslimin kalian?
    Semoga Allah memberikan hidayah ke seluruh alam..Amien

    Comment by hamba Allah — April 1, 2012 @ 12:03 am

  53. Ya Allah Cobaan Apa Lagi Yang Hadapai Berilah Kami Kesabaran Dan Kekal Hidayah Pada Kami & istiqomahkan kami dalam usaha da’wah,hidup untuk da’wah da’wah sampai mati mati-matian dalam da’wah amin ALLAh Huakba …..!!!!!!

    Comment by deni wahyudi hisbullah — April 1, 2012 @ 7:22 am

  54. Ya Allah Cobaan Apa Lagi Yang kami Hadapi,Berilah Kami Kesabaran Dan Kekalkan Hidayah Pada Kami & istiqomahkan kami dalam usaha da’wah,hidup untuk da’wah da’wah sampai mati mati-matian dalam da’wah amin ALLAh Huakba …..!!!!!!

    Comment by deni wahyudi hisbullah — April 1, 2012 @ 7:41 am

  55. Fatwanya di zaman Salafi belum mempunyai buku Paduan Dzikir Pagi Petang

    Comment by Sabur — April 3, 2012 @ 7:44 pm

  56. sederhana solusinya, ajak ust. Hakim Abdat keluar 3 hari….

    Comment by abdul khori — April 10, 2012 @ 12:19 pm

  57. Wahai ustadz, saya siap disumpah pocong seluruh keluargaku mati atau keluargamu yang mati kalau kamu katakan usaha dakwah ini sesat……

    Comment by Mukalam — April 17, 2012 @ 6:25 pm

  58. mmg tabligh sesat…saya dah tgk setan yg ditugaskan utk mrk….kalu anda semua tak percaya, cubala buat solat istikharah mntk petunjuk dari ALLAH…jgn lupa buat solat tobat dulu dan jgn lupa juga solat tahajjud. dktkan diri dgn ALLAH dulu, ALLAH akan bukakan rahsia knp tabligh ni tak betul….

    Comment by ilah — April 26, 2012 @ 11:10 am

  59. yang sesat itu otaknya hakim abdat…
    yang bid’ah itu cara pemikirannya hakim abdat…

    Comment by iwan — April 26, 2012 @ 1:51 pm

  60. selama saya bergaul dengan orang -orang jamah tabligh, amal mereka selalu mengacu pada sunnah-sunnah Baginda SAW. mereka tidak dapat apa-apa dari jamaah tablig malah korban diri harta untuk dakwah. mereka memuliakan sesama muslim dan tidak mengajak kepada golongan. semoga Allah mengasihi dan melindungi rekan-rekanku yang ikhlas berjuang untuk agama….

    Comment by muh arif hidayat — April 30, 2012 @ 2:49 pm

  61. semoga Allah memberikan kwfahaman kepada Ust Abdat dan kepada semua salafy. amiiiin.

    Comment by hujjatul — May 4, 2012 @ 9:16 am

  62. kalau berhadapan dengan salafy tidak akan pernah nyaman. solusinya ajak khuruj aja udah…. capek salafyyyy. toh di antara mereka sendiri berpecah-pecah apalagi dengan saudara muslim yang lain. karena mereka tidak pernah korban. hanya tunggu bantuan aja dari timur tengah baru mau dakwah. heeeheeeheee. ya Allah Fahamkan saudara saya yang salafy-salafy ne. amiiin.

    Comment by hujjatul — May 4, 2012 @ 9:20 am

  63. bacalah artikel ini

    Karguzari Mimpi

    Pada suatu malam, Sheikh Abdur Rahman Sudais, Imam Masjidil Haram melihat Rasulullah s.a.w di dalam mimpinya. Di dalam mimpinya itu, satu jenazah sedang diangkat dan Rasulullah s.a.w sedang menunggu jenazah itu. Sheikh Sudais bertanya jenazah siapakah itu, dan Rasulullah s.a.w berkata kepadanya bahawa jenazah itu adalah jenazah Umar Palampuri daripada al-Hind (benua India).

    Selepas bangkit daripada tidurnya, Sheikh Sudais mencari-cari siapakah Umar Palampuri dan mendapat tahu bahawa Umar Palampuri adalah seorang Maulana besar di dalam Jemaah Tabligh dan baru sahaja meninggal dunia. Kemudian, beliau menulis satu surat takziah kepada anak Maulana Umar Palampuri, Maulana Yunus, di mana beliau telah meriwayatkan mimpi beliau itu.

    Maulana Yunus Palampuri kemudiannya telah membaca surat daripada Sheikh Sudais kepada saudara-saudara Arab yang berada di perhimpunan di Nizamuddin, Delhi. Salah seorang daripada saudara Arab yang hadir di perhimpunan itu meriwayatkan kisah ini kepada bapa saya, dan daripada saya kini telah sampai kepada kamu sekalian.

    Comment by zaliha — May 6, 2012 @ 8:39 pm

  64. Menurut ustadz basith mendak, ustadz ini tak waras lah..

    Comment by basith — May 7, 2012 @ 9:10 am

  65. ASSHHSHSHSHSHHSS?EMBOOOOH?@Ustadz Hakim Abdat ketok-e lagi KOPLAX Ndase….nek aku ki wong goblox bin pekok, neng kog ketok-e SING PENTING ki yoo NJOGO SHOLAT 5 WEKTU?SHOLATE JAMA?AH NENG MESJID, KUWI TUNTUNANE KANJENG NABI?TAPI AKU SENENG KARO JAMAAH SING SOK NGGOWO KOMPOR,DAKWAH NENG MESJID, ELOK TENAAAAAN..WANI NINGGALKE ANAK BOJO DINGGO NGUPAYAKKE MEN SEDULUR-SEDULUR MUSLIM DO GELEM NINDAKKE SHOLAT?(nek aku ninggal anak-bojo mung nggo golek sego upo,urusan ndonyo.heheheheee).WES SEDULUR-SEDULUR KABEEH?AYO PODHO DIEWANGI JAMAAH KOMPOR KAE?ORA KOG MUNG DI DEBAT KUSIR WAE?MALAH MUNG KAKEHAN CANGKEM WAE ORA GEK NDANG AJAK-AJAK SEDULUR-SEDULUR AWAK-E DEWE SING DO RUNG GELEM SHOLAT?AYO DI EWANGII..RASAH DALIL-DALIL-AN TELEK MINTHIIIII?.DALIL-E WES JELAS TOOO??

    Comment by NDAS KOPLAX — May 8, 2012 @ 4:10 am

  66. saya rasa awak ni wahabi . wahabi adalah babi

    Comment by mustaza — May 10, 2012 @ 8:18 am

  67. TERNYATA RANKING KESESATAN GERAKAN/KELOMPOK ISLAM LAINNYA SANGAT DIPERHATIKAN OLEH TOKOH WAHABI.

    SEPERTI UNGKAPANNYA BERGESERNYA RANKING KESESATAN FIRKAH IKHWANUL MUSLIMIN OLEH FIRKAH JAMAAH TABLIGH.

    KETIKA JAMAAH TABLIGH SIBUK MENGURUS DAKWAH DAN TABLIGH (DENGAN SEGALA KETERBATASAN,KELEBIHAN SERTA KEMAMPUAN YG MEREKA MILIKI)TERNYATA DI SISI LAIN ADA ORANG YANG TEGA MENYATAKAN “JAMAAH TABLIG SESAT” SERTA MENYEBAR LUASKAN INFO MENGENAI KESESATANNYA.

    KALAU KITA TIDAK MAMPU BERKORBAN UNTUK DIRI SENDIRI KHURUZ 1 HARI, 3 HARI, 40 HARI (MAKA MINIMAL SEKALI KITA DUKUNGAN DO’A,MORIL ,MATERIL BAGI AKTIVITAS SAUDARA JAMAAH TABLIGH)

    Comment by Taufik — May 15, 2012 @ 4:00 am

  68. Sesiapa yang dapat menghidupkan satu sunnah nabi Muhammad saw pada zaman kerosan umat maka dia telah mencintai nabi Muhammad saw dan sesiapa yang mencintai nabi Muhammad saw maka dia pasti bersama dengan nabi Muhammad saw di dalam syurga.(HR AS-sAJZI, MARFU HADIS DARI ANAS RA AL JAMIUSH SHAGHIR M/S 161)Maka mereka yang mengatakan jemaah Tabligh sesat adalah mereka yang kurang mengamalkan sunnah nabi Muhammad saw.

    Comment by mujahid — May 18, 2012 @ 3:32 pm

  69. Sesiapa yang dapat menghidupkan satu sunnah nabi Muhammad saw pada zaman kerosakan umat maka dia telah mencintai nabi Muhammad saw dan sesiapa yang mencintai nabi Muhammad saw maka dia pasti bersama dengan nabi Muhammad saw di dalam syurga.(HR AS-sAJZI, MARFU HADIS DARI ANAS RA AL JAMIUSH SHAGHIR M/S 161)Maka mereka yang mengatakan jemaah Tabligh sesat adalah mereka yang kurang mengamalkan sunnah nabi Muhammad saw.

    Comment by mujahid — May 18, 2012 @ 3:36 pm

  70. Menurut saya : salafi zaman sekarang ilmu agamanya banyak tapi pengamalan agamanya sedikit dan mereka menjadi sombong karena ilmu agama.

    Comment by moslem china — May 18, 2012 @ 11:00 pm

  71. Menurut saya : khuruj jamaah tabligh tidak sesat , karena yang mereka sampaikan ajaran tauhid dan ikromulmuslimin, menurut salafi adalah jemaah tabligh sesat, pertanyaan saya adalah apanya yang sesat dari jemaah tabligh?

    Comment by moslem china — May 18, 2012 @ 11:11 pm

  72. Menurut salafi adalah khuruj tidak ada contohnya dari nabi. Pertanyaan saya adalah sekarang ini banyak pesantren yang didirikan oleh ustad ustad salafi, apakah pesantren itu ada contohnya dari nabi muhammad?apakah nabi muhammad pernah bersabda bahwa belajar agama islam harus selalu di pesantren?belajar di pesantren ditentukan waktunya harus beberapa tahun,apakah itu ada contohnya dari nabi muhammad?

    Comment by moslem china — May 18, 2012 @ 11:25 pm

  73. Saya perhatikan selama bertahun tahun, sekarang ini ustadz ustadz salafy banyak sekali yang berdakwah di masjid masjid besar dengan mengharap bayaran yang sangat banyak. Wahai ustadz ustadz salafy bertobatlah kalian karena ilmu agama anda sangat tinggi tapi anda tidak ikhlas dalam berdakwah. Ini bukan fitnah, ini kenyataan yang ada di seluruh dunia.

    Comment by moslem china — May 19, 2012 @ 6:50 am

  74. Jika anda tidak mampu untuk mengorbankan diri anda, masa anda dan harta anda di jalan Allah swt tetapi tidak menentang usaha yang pernah dijalankan oleh para nabi dan para sahabat nabi lebih baiklah anda mendoakan kesejahteraan kepada mereka yang sudi berkorban masa, diri dan harta demi agama tercinta. Mereka itu tidak meminta sebarang balasan daripada anda tetapi cukuplah jika anda sudi mendoakan kepada mereka keselamatan di dunia dan akhirat dan mendoakan keselamatan kepada umat Nabi Muhammad saw di seluruh alam agar umat Nabi Muhammad saw selamat di dunia dan di akhirat.

    Comment by NURUL HASANAH — May 19, 2012 @ 10:53 am

  75. Mewaspadai Gerakan Wahabi Salafi

    Oleh A. Fatih Syuhud
    Ditulis untuk Buletin Al-Khoirot
    Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang

    ????
    Update: Banyak rekan-rekan dari Wahabi Salafi yang ?ngomel? di kotak komentar mempertanyakan kenapa saya memakai rujukan tulisan dari buku orang Barat (baca: nonmuslim). Bagi saya, darimana pun sumbernya asal berdasar fakta layak diterima, kecuali kalau masalah syariah. Namun untuk memuaskan mereka, silahkan membaca opini ulama Islam Sunni kontemporer dari berbagai negara tentang Wahabi Salafi di sini (dalam bahasa Indonesia), dan di sini dalam bahasa Arab (Google Docs).

    Tulisan di bawah bukan bermaksud menyerang, tapi sebagai kritik agar rekan-rekan Wahabi Salafi?yang sangat ringan mengeritik gerakan lain? dapat lebih toleran dengan gerakan / organisasi dakwah di luar dirinya. Toleransi (tidak mudah mengkafikan dan membid?ahkan) terhadap perbedaan adalah kunci menghindari perpecahan. Dan kunci persatuan, kekuatan dan kesolidan umat.

    Islam itu cukup lapang dan luas untuk menampung seluruh gerakan dakwah yang bermacam-macam. Mengharap gerakan lain harus ?taat? dengan manhaj Wahabi adalah mimpi utopis dan menyalahi fitrah manusia yang diciptakan Allah untuk berbeda (QS Al-Hujurat 49:13).

    ????
    Dalam sebuah tulisan di harian Republika edisi 3 Oktober 2011, KH. Agil Siradj menulis sebuah artikel menarik berjudul Radikalisme, Hukum dan Dakwah. Dalam tulisan tersebut ketua PBNU ini mengingatkan bahaya laten dari gerakan Islam radikal di Indonesia. Ciri khas gerakan Islam ekstrim, masih menurut Agil Siradj, adalah ?orang Islam yang berpikiran sempit, kaku dalam memahami Islam, serta bersifat eksklusif.?[1] Muslim radikal muncul sejak awal Islam. Yakni, sejak era para Sahabat. Saat itu, kelompok radikal dikenal dengan sebutan kaum khawarij.

    Adalah khalifah ke-3 Utsman bin Affan sendiri yang menjadi korban pertama keganasan gerakan ekstrim ini. Beliau terbunuh pada tahun ke-35 hijriah. Peristiwa ini kemudian terulang pada masa Khalifah Ali ibn Abi Thalib yang juga terbunuh oleh kalangan ekstrem dari umat Islam. Komunitas ekstrem tersebut, sungguh pun pada mulanya bernuansa politik, tetapi perkembangan selanjutnya dirajut dalam sebuah ideologi yang dikenal dengan faham Khawarij.[2] Nama gerakan yang bernama Khawarij saat ini sudah tidak ada. Akan tetapi gerakan Islam yang mirip dengan gerakan Khawarij saat ini tidak saja eksis, tapi juga sedang giat-giatnya mengampanyekan ideologinya melalui berbagai sarana yang tersedia. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa Khawarij abad ke-21 ini menjelma dalam gerakan yang dikenal dengan Wahabi Salafi.

    Sejarah Wahabi dan Faktor Suksesnya Penyebaran Paham Wahabi

    Gerakan Wahabi didirikan pada abad ke-18 oleh Muhammad bin Abdul Wahhab (1703-1792) dari Najd, Arab Saudi. Ibnu Abdul Wahhab mengampanyekan usaha memberantas praktik-praktik yang dilakukan umat Islam yang dianggapnya bid?ah. Gerakan Wahabi atau Salafi berpusat di Arab Saudi. Dan didanai oleh pemerintah Arab Saudi. Gerakan Wahabi berkembang ke luar Arab Saudi karena dibawa oleh para sarjana lulusan sejumlah perguruan tinggi di Arab Saudi atau universitas di luar Arab Saudi yang mendapat bantuan finansial dan/atau tenaga pengajari dari Arab Saudi seperti LIPIA (Lembaga Ilmu Pendidikan Islam dan Bahasa Arab) yang merupakan cabang dari Universitas Muhammad Ibnu Su?ud yang berada di Riyadh Arab Saud.

    Seluruh biaya operasional peguruan tinggi negeri di Arab Saudi dan di luar Arab Saudi yang berafiliasi ke universitas negara petrodolar ini disubsidi 100% oleh negara. Dan 100% mahasiswanya mendapatkan beasiswa. Oleh karena itu, tidak hersn kalau banyak pemuda Indonesia yang bermimpi untuk dapat kuliah di salah satu perguruan tinggi di Arab Saudi. Selain gratis, mendapat beasiswa penuh juga mendapat tiket pulang gratis setiap tahun. Kalau tidak dapat kuliah di Arab Saudi, minimal dapat belajar di LIPIA Jakarta yang juga memberikan beasiswa penuh. Bahkan tidak jarang ada mahasiswa UIN Syahid yang juga kuliah di LIPIA hanya untuk mendapatkan beasiswa.

    Arab Saudi rela mendanai ribuan mahasiswa lokal dan internasional secara cuma-cuma tentunya dengan tujuan khusus: dalam rangka menyebarkan misi Wahabi Salafi ke seluruh dunia. Umumnya, sarjana lulusan universitas Arab Saudi sudah terkena ?cuci otak?. Indikasi paling mudah adalah kecaman mereka terhadap tahlil, peringatan maulid Nabi, ziarah qubur, dan semacamnya.

    Bantuan finansial tidak hanya sampai di sini. Ketika para sarjana itu pulang ke negara masing-masing, mereka masih akan tetap dapat kucuran dana dari kerajaan melalui berbagai lembaga atau organisasi binaan negara, seperti Rabithah Alam Islamy, WAMY (World Association of Muslim Youth), dan lain-lain. Bantuan finansial diberikan khususnya pada para alumnus atau non-alumni perguruan tinggi kerajaan Arab Saudi yang mendirikan lembaga pendidikan seperti sekolah atau pesantren dan membangun masjid.

    Tentu, tidak ada salahnya menerima bantuan dari manapun. Apalagi kalau dari sesama muslim. Namun, yang menjadi kekhawatiran banyak kalangan adalah adanya pemaksaan?baik langsung atau tidak langsung?terhadap lembaga yang mendapat bantuan untuk ikut menyebarkan paham Wahabi. Ada beberapa kasus di mana kyai-kyai non-Wahabi yang ingin mendapat bantuan dari kerajaan Arab Saudi terpaksa tidak melaksanakan kebiasaan rutin ala pesantren seperti tahlil, atau qunut shalat Subuh saat ada peninjauan dari utusan Arab Saudi yang hendak memberi bantuan.

    Gencarnya aliran dana bantuan finansial untuk lembaga-lembaga pendidikan dan masjid itu menjadi faktor utama mengapa gerakan paham Wahabi Salafi berkembang cukup pesat di Indonesia. Dan itu juga menjadi kunci jawaban mengapa kalangan aktivis Wahabi Salafi begitu bersemangat untuk menyebarkan ideologi Salafi-nya ke mana-mana.

    Mengapa Takut Wahabi Salafi?

    Saat ada suatu gerakan Islam seperti Wahabi Salafi yang penuh semangat dan mendapat bantuan finansial tak terbatas berkembang pesat, mengapa umat Islam harus resah? Tidakkah itu patut disyukuri? Jawaban singkatnya adalah radikalisme Wahabi Salafi sangat mengancam tidak saja NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), tapi juga kerukunan hidup antar-umat Islam dan kerukunan hidup antar-umat beragama.[3]

    Dalam perspektif keamanan, apabila gerakan Salafi menjadi dominan dikhawatirkan terorisme akan semakin merajalela. Umat Islam yang masih ingin melihat Indonesia aman dan tentram tentu tidak ingin melihat negara ini seperti Pakistan yang pembunuhan antar golongan agama terjadi hampir setiap hari. [4]

    Ideologi takf?r (pengkafiran), tasyr?k (pemusyrikan), tabd?` (pembid`ahan) dan tasyk?k (upaya menanamkan keraguan) terhadap para ulama dan muslim dari kalangan yang tidak sepaham merupakan langkah pertama ketidakharmonisan umat. Anggapan golongan Wahabi Salafi bahwa golongan Islam lain sebagai bid?ah dan kufr akan berujung pada penghalalan darah (untuk dibunuh). Tak heran, sejak berdirinya gerakan ini, tangan mereka banyak bersimbah darah saudaranya sesama muslim.[5] Tentu mudah ditebak, apa yang akan terjadi pada penganut agama lain apabila kelompok ini sampai mendominasi Indonesia kelak.[6]

    Oleh karena itu, kalangan umat Islam ahlussunnah wal jamaah pecinta damai hendaknya mewaspadai gerak gerik kelompok ini. Jangan biarkan mereka menguasai masjid-masjid. Jangan biarkan mempercayakan anak-anak kita untuk dididik di lembaga pendidikan yang mereka bina. Jangan korbankan masa depan putra-putri kita pada ideologi yang tidak mengenal kebenaran kecuali dalam dirinya sendiri. Jangan tergoda mendapat beasiswa gratis dengan resiko cuci otak.[]

    Comment by NDAS KOPLAX — May 19, 2012 @ 11:49 pm

  76. MEREKA YANG SESAT ADALAH MEREKA YANG TIDAK MENGENAL ALLAH SWT SEBAGAI TUHAN YANG PERLU DISEMBAH DAN TIDAK MENGENAL NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI UTUSAN ALLAH SWT.MEREKA YANG SESAT DAN TIDAK BERIMAN ADALAH MEREKA YANG TIDAK PERNAH MENGERJAKAN SEMUA PERINTAH ALLAH SWT DAN TIDAK PERNAH MENGAMALKAN SEGALA SUNNAH YANG TELAH DIAJARKAN OLEH NABI MUHAMMAD SAW TETAPI JEMAAH TABLIGH TELAH MENGAJARKAN KEPADA SAYA SUPAYA BERIMAN KEPADA ALLAH SWT DAN MENYURUH SAYA SUPAYA MENGAMALKAN SEGALA SUNNAH NABI MUHAMMAD SAW.HAI KAU YANG TIDAK MAHU BERKORBAN DIRI,HARTA DAN MASA DI JALAN ALLAH SWT,JANGAN KAU SUKA BUAT FITNAH SESAMA ISLAM KELAK NANTI KATA-KATA KAU INI AKAN DIPERSOALKAN DI HADAPAN ALLAH SWT.KALAU KAU TIDAK MAMPU MELAKSANAKAN PERINTAH KHURUJ FI SABILILLAH LEBIH BAIK KAU JAGA SAJA BINI DAN ANAK-ANAK KAU DI RUMAH KAU,KAU MAKAN DAN MINUM, KAU TIDURLAH DI ATAS KATIL KAU YANG TEBAL TU,TAPI KAU JAGAN LUPA JALANKAN TUGAS KAU SEBAGAI HAMBA ALLAH SWT YANG BERIMAN.RAMAI SUDAH ORANG YANG SUDAH TIBA KE SELURUH PELUSUK DUNIA TAPI UNTUK KAU TIDAK APALAH KAU JAGA SAJA BINI DAN ANAK-ANAK KAU TAKUT NANTI MEREKA TU KELUAR DARI PINTU BELAKANG BUAT MAKSIAT. KAMI YANG SUDAH BIASA MERANTAU KE SELURUH ALAM INI TELAHPUN MENDAPAT RESTU DARI BINI-BINI DAN ANAK-ANAK KAMI DAN MEREKA TIDAK MENGHALANG USAHA KAMI KERANA MEREKA SUDAH FAHAM YANG AGAMA ISLAM PERLU DIUSAHAKAN SEPERTI KITA PERLU USAHAKAN URUSAN DUNIA KITA.SEMPURNAKAN HIDUP DI DUNIA DAN SEMPURNAKAN HIDUP DI AKHIRAT.BAIKI SALAH FAHAM BAHAWA MASA,DIRI DAN HARTA KITA BUKAN MILIK KITA TETAPI MILIK ALLAH SWT YANG AKAN DIGANTIKAN DENGAN SYURGA ALLAH SWT.SYUKUR SAYA KEPADA ALLAH SWT KERANA SEMUA BINI-BINI DAN ANAK-ANAK SAYA SEMUANYA MEMAHAMI USAHA YANG TELAH SAYA LAKUKAN DAN MEREKA TIDAK MEMBERIKAN MASALAH KEPADA SAYA.

    Comment by FIRDAUS — May 20, 2012 @ 8:15 am

  77. Menurut Saya: Salafy Wahabi iri hati dengan metode dakwah Jemaah Tabligh. Metode dakwah Jemaah Tabligh sangat bagus sekali karena sudah membuat banyak umat islam menjadi lebih baik dalam beribadah kepada Alloh dan banyak umat islam yang menjadi rajin silaturrohim kepada sesama moslem di seluruh dunia.

    Comment by MOSLEM CHINA — May 20, 2012 @ 10:48 pm

  78. In my opinion : Da’wah of Tablighi Jamaah is The best Da’wah in Islam Religion, because it makes a lot of moslem all over the world realize in worship to Alloh and moslem all over the world more dilligent in silaturrohim to the other moslem. Two Thumbs Up to all karkun who join khuruj especially mujahadah karkun don’t forget me in your pray .Thank you very much for your attention in Da’wah Islam.

    Comment by MOSLEM CHINA — May 20, 2012 @ 11:31 pm

  79. TABLIGH ITU BETUL , BANYAKDAH SY JUMPA DAN IKUTI , IANYA MEMANG BETUL…WALLHKLM

    Comment by ahmdzkiabdwahab — May 22, 2012 @ 1:55 pm

  80. assalamu’alaikum warahmatullahi ta’ala wabarakauh.
    siapa boleh menjumpakan ustaz itu dan berikan penjelasan kepadanya, sebab kata2 nya hanyalah pendapat dari akal logiknya sendiri, setiap sesuatu itu untuk dipelajari dengan ahlinya, cuba kita imbas kembali kisah nabi Musa as dan nabi Khidr as.. setinggi mana jua ilmu kita pasti ada juga yang kita tidak tahu.. untuk tahu kena dengan hati tulus terbuka mempelajari Lillahi ta’ala, bahawa kalau benda ini yang haq maka kita ‘amal Lillahi ta’ala, bukan mencari tahu tentang sesuatu untuk memburukkannya, tetapi untuk mengetahui kebenarannya..

    Comment by abdul karim abdul hadi — May 26, 2012 @ 2:02 pm

  81. maulana ilyas rahmatullahi ‘alaih, bukan hanya seorang sufi, tetapi juga seorang ‘ulama’ besar, malah seorang hartawan(orang kaya), Allah ta’ala memberikan kepadanya ilham dari Sisi Nya untuk menghidupkan kerja Nabi saw yang telah ditelan zaman pada masa itu. maulana ilyas rahm. telah mengorbankan seluruh kekayaannya untuk agama Allah swt, sehingga sampai satu tahap anaknya sendiri pun tidak dapat diberi makan, ingatkah kita tentang pengorbanan Khadijah binti Khuwailid r.ha, korban segala2nya untuk agama Allah swt, wanita hebat, bangsawan, jelitawan, hartawan, yang di akhir kalamnya hanya tinggal kulit dan tulang dan baju yang terlalu lusuh untuk menutup aurat. Apa bezanya maulana ilyas rahm. bermimpi, dalam mimpinya diperintahkan dari Allah swt untuk menghidupkn kembali kerja dan tugas para Nabi ‘alaihimussalam. apa bezanya dengan mipi para wali Allah swt, seperti allamah al busiri, tentang qasidahnya, cintanya yang terlalu dalam pada Rasulullah, pada masa itu sedang lumpuh setengah badan. bermimpi berjumpa Rasulullah saw dan dengan berkat wasilah Nabi saw yang menyapukan selendangnya pada tubuh wali Allah ta’ala itu, tiba2 bila terjaga maka dirinya rahm. telah sembuh luar biasa dan selendang itu ada disisinya. para wali Allah swt mempunyai karamah yang sungguh hebat melebihi para ‘alim ‘ulama. dan tempatnya di syurga nanti bukan pada tempat ‘alim ‘ulama tetapi pada tempat khas yang lebih tinggi, mereka istimewa bukan sahaja sebab ‘ilmu mereka tetapi kesucian hati mereka dan cinta mereka dan rindu mereka yang teramat sangat kepaa Allah swt. dan para wali Allah swt ini wujud hingga ke saat ini cuma kita tidak tahu mereka siapa, mereka manusia2 istimewa yang dengan do’a mereka kita masih dilindungi Allah swt. pasti ada hikmahnya, dan kenyakan wali Allah swt ada yang baru diserlahkan kewaliaannya setelah mereka rahm. meninggal dunia.

    Comment by abdul karim abdul hadi — May 26, 2012 @ 2:26 pm

  82. Pengikut aliran Salafy Wahabi zaman sekarang sering sekali berkomentar bahwa Khuruj tiga hari tidak ada contohnya dari Nabi Muhammad .
    Pertanyaan Saya untuk pengikut aliran Salafy Wahabi adalah : Zaman sekarang ini , Pengikut aliran Salafy Wahabi sering sekali mengadakan Dauroh selama tiga hari atau dua hari di masjid dan bermalam di masjid yang mengadakan Dauroh . Apakah Dauroh ada contohnya dari Nabi Muhammad?Apakah Nabi Muhammad pernah mengadakan Dauroh di masjid selama tiga hari dan tidak pulang ke rumah selama Dauroh berlangsung?Dalil Alquran dan Haditsnya mana yang menerangkan Dauroh selama tiga hari di masjid?

    Comment by MOSLEM CHINA — May 26, 2012 @ 4:51 pm

  83. Hasutannya jelas sekali spt org2 yg sangat membeci jemaah Tabligh…Hasutanya spt Iblis,Kebenciannya mengingatkan saya kpd Abu Jahal,Keangkuhannya mengingatkan sya kpd Firaun..apapun yang hak ttp hak yang batil ttp batil…

    Comment by Hamza — May 31, 2012 @ 9:03 am

  84. maksud hadis nabi saw bersabda- umatku tidak akan bersatu dlm kesesatan.

    fikrah – fikrah sesat di dunia ini paling lama bertahan sekitar 30thn lepas tu hancur berkubur. JT dah hampir 100thn & masih beroperasi di seluruh dunia termasuk Israel adakah sesat juga??

    Comment by lukmaN — June 1, 2012 @ 9:41 pm

  85. Aku selama empat puluh tahun menjadi ustadz aliran salafi wahabi . Aliran salafi wahabi adalah aliran islam yang beraliran sangat keras sekali dan sangat ekstrim sekali . Aliran salafi wahabi Kelihatannya baik karena pake Alquran dan Hadits yang sohih seperti hadits bukhori muslim,tirmidzi,dll dan ikut salafussholeh.
    Tapi kenyataannya adalah Aliran Salafi Wahabi mengajarkan kita harus selalu membenci orang diluar aliran salafi wahabi yang melakukan Syirik,Bid’ah dan Khurafat. Aliran Salafy Wahabi selalu mengajarkan bahwa yang masuk sorga hanya pengikut aliran salafi wahabi sedangkan yang tidak ikut aliran salafi wahabi akan masuk neraka selama lamanya.
    Aliran salafi wahabi hanya mau berteman dengan sesama aliran salafi wahabi,diluar aliran salafi wahabi adalah najis/kotor dan haram untuk dianggap sebagai teman.Apakah ini bagian dari ajaran agama islam?
    Agama Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin .
    Agama Islam adalah agama yang mengajarkan Tauhid dan harus baik dengan sesama manusia . Sekarang ini pengikut aliran salafi banyak sekali membuka sekolah/pesantren/mahad aliran salafi wahabi yang mengajarkan kepada anak anak sekolah supaya harus hidup eksklusif dan harus menjauhi teman yang belum ikut aliran salafi wahabi .
    Memang mereka tidak ada sistim baiat/sumpah akan tetapi doktrin ajaran mereka sangat fundamentalis.
    Aliran salafi wahabi juga mengharamkan televisi , dalilnya mana yang menyatakan televisi itu haram?
    Aliran salafi wahabi merasa sudah bisa hidup suci dan diluar alirannya ialah najis/kotor/bid’ah masuk neraka
    , Ini bukan fitnah tetapi fakta yang ada yang sering sekali kita lihat didalam kehidupan sehari hari.
    Ustadz ustadz Aliran salafi wahabi sering sekali dapat bantuan dana uang milyaran rupiah setiap bulan dari negara timur tengah untuk mendirikan Radio ( seperti radio roja di cileungsi bogor dan banyak sekali radio salafi lainnya ), mendirikan sekolah ( seperti ibnu hajar boarding school di munjul jakarta timur dan banyak sekolah salafi wahabi lainnya) , mendirikan Televisi salafi wahabi , mendirikan perusahaan Travel haji dan umroh yang beraliran salfi wahabi. Tujuan mereka sudah jelas sekali yaitu ingin mengacaukan umat islam dan ingin mengadu domba sesama umat islam dari dalam umat islam sendiri , supaya umat islam berantem satu sama lain , supaya umat islam saling curiga satu sama lain dan supaya umat islam tidak akur dengan umat islam yang lain.

    Comment by MANTAN USTADZ SALAFI WAHABI — June 2, 2012 @ 9:39 am

  86. Jadi siapa yang nggak benar atau yang benar ni.., Maaf ya .. Islamnya yang nggak benar atau Oknum Umatnya yang nggak benar… tetapi setahu saya yang juga selaku umuat Islam, bahwasanya ISLAM ITU BENAR . Jadi yang nggak benar itu oknum2 umatnya. Pesan saya selaku umat Muslim ” HATI HATI SAJA DENGAN PROVOKASI NASRANI DAN YAHUDI ” Kita yang heboooh , mereka semua Bertepuk Tangan.

    Comment by Rena Utami — June 4, 2012 @ 3:35 pm

  87. Tak pe lah…doa kan aje ustadz ni…tak payah pening2…Dah memang wahabi macam ni…tempat aku,ustaz pas + ikhwanul muslimin mereka galakkan pelajar mereka untuk khuruj 3 hari,40 hari 4 bln..

    Comment by Muslim — June 8, 2012 @ 6:15 pm

  88. usaha lah atas iman..mudah2an ALLAH SWT akan memberikan kita taufik untuk mengamalkan ilmu berlandaskan iman…jika tidak,kita akan lemas dalam lautan ilmu…

    Comment by Muslim — June 8, 2012 @ 6:20 pm

  89. Sedikit fakta tentang “Pakar Hadis” Us Hakim Abdat ni – org yg suka kontradik dirinya sendiri.

    http://fakta.blogsome.com/2008/01/11/abdul-hakim-abdat-pakar-hadits-indonesia/

    Comment by Usmar — June 10, 2012 @ 4:30 pm

  90. Beliu tidak pernah berjumpa Maulana Ilyas rahmatullahalaih tetapi beliu bercerita tentang Kesufian Maulana Ilyas…aku yg membesar didalam Jamaah Tabligh seawal belasan tahun sehingga kini 40an tidak pernah mendengar Maulana Ilyas menerima Wahyu…bertaubat lah wahai Hakim Abdat..!!!

    Comment by Arif George — June 11, 2012 @ 1:45 pm

  91. Tuan, dunia sementara, akhirat kekal abadi, seluruh makhluk tak dapat berbuat apa2, yang berbuat apa2 hanya Allah, walaupun berkumpul seluruh makhluk untuk hina seseorang, jika Alah muliakan dia tetap mulia disisi Allah…

    Comment by LATIEF — June 21, 2012 @ 4:16 pm

  92. Yang menjadi kesalahan besar jama’ah bertabligh dimata orang salafi wahabi ada dua :
    Pertama,jama’ah tak suka hidup bermewah-mewah,terlalu banyak korban,
    Kedua,jama’ah meng”GRATIS”kan Da’wah dan ilmu-ilmu agama,dan ini merusak bisnis mereka.

    Comment by Rachmat bin Saukani — June 26, 2012 @ 2:05 am

  93. Yang Terhormat Ustd. Hakim Abdat dengan segala keilmuan yg ustad miliki adalah usaha belajar dan belajar secara formal maupun non formal, yang semua itu merupakan kemauan wajar bagi manusia selama ia ingin menjadi baik dan mulia, karenan sesungguhnya tidak sama org yang bodoh dengan orang yg berilmu (pintar).
    Namun amat disayangkan dengan keilmuan yang ustad miliki, ustad telah menafikan khazanah islam dalam membina dan membangun ruh islam kepada umat dengan jalan pendekatan jiwa (bathin)seorg hamba kepada Allah dengan cara-cara yang diajarkan oleh Rasulullah saw. dan pendekatan itu tidak hanya terbatas pada ibadah raga. Maka oleh karena itu bentuk-bentuk pendekatan itulah yang dimulai oleh Nabi SAW ketika akan membuka tabir kenabiannya dengan pendekatan jiwa yang pasrah diri kepada Allah SWT., maka pendekatan itulah yang diistilahkan sebagai jalan sufiyah (uzlah) dalam rangka membina dan membangun jiwa yang benar-benar konsisten dengan kalaimat tauhid dengan mendakwahkan Al-Islam keseluruh alam.
    Saya amat menyayangkan jika ustad Hakim abdat menafikan jalan dan cara seperti ini bahwa “tasawuf” tidak ada dalam ajaran Rasulullah SAW. Dan ustad Hakim abdad tahu bahwa tasawuf hanyalah sebuah istilah dalam prilaku hubungan seorang hamba dengan Tuhannya.
    Selanjutnya perkara kesesatan gerakan dakwah yang telah membumi dan telah menyebarkan ke berbagai pelosok alam ini yaitu JAMA’AH TABLIGH dapat ustad sesatkan hanya karena melihat sosok seorang pemimpin yang hidup buukan pada zamannya ustad Hakim abdad. apatkah dijamin bahwa perilaku hidup Maulana Ilyas itu adalah sesat mutlak dalam hal dakwah..? Naudzubillah min dzalik..!

    Comment by Ridwan Naki, S.Ag — July 1, 2012 @ 4:08 pm

  94. salah fykir

    Comment by firman — July 17, 2012 @ 9:06 am

  95. Jagalah lisan wahai saudara ku,semua tempat memiliki adab-adab yang mesti kita jaga.bicaralah secara ilmiah, bukan mengikuti emosi atau sahwat.pandanglah diri anda, terbuat dari apakah anda… anda tercipta dari setetes air yang hina.

    Comment by ALIM — July 18, 2012 @ 11:38 pm

  96. kusus moslem cina,saya ada pertanyaan? sudah berapa lama anda mengkaji manhaj salaf? dan sudah berapa lama pula kamu mendalami ilmu di jamaah Tablik? lisan anda terlalu tajam.bicaralah dengan keiklasan,saya lihat tulisan anda penuh dengan amarah.jumpe saye kat KL

    Comment by kombet — July 18, 2012 @ 11:43 pm

  97. saye, bukan sape-sape.bagi yang tidak ade ilmu, tak ade bukti, jangan sesekali memberi komentar di dalam ni,saye tengok bayak yang tak paham, tetapi memahamkan diri.jike di teliti, antare salafi dan jamaah tablik…mana amalan mereke yang paling sesuai dengan dalil yang sohih, bukan lemah ataupun palsu. ayao para ahli pikir…cobelah teliti. jike kite memang orang yang ingin mencari kebenaran.

    Comment by udin joho — July 18, 2012 @ 11:48 pm

  98. UNTUK URUSAN IBADAH MENURUT SAYA HARUS DAN WAJIB MENGIKUTI AL QUR’AN DAN SUNNAH ROSUL JIKA TIDAK ADA TUNTUNAN DARI HADIST/SUNNAH YANG DIAJARKAN ROSULULLOH MAKA BUKAN TERMASUK GOLONGAN ROSULULLOH , APAKAH MEREKA DALAM URUSAN IBADAH LEBIH TINGGI DERAJADNYA DIBANDING NABI MUHAMMAD ROSULULLOH SEHINGGA BERANI MEMBUAT AJARAN/JAMAAH YG TIDAK PERNAH DIAJARKAN ROSULULULLOH

    Comment by hamba — July 22, 2012 @ 12:46 am

  99. makoii…dia tafsir..kumtum( dan seterus nyer..)…”umat” itu hanya maksud utk ‘sahabat nabi shj dan org yg terkemudian nyer’…sapa lak org terkemudian nyer??..dan terkemudian nyer?..dan seterus nyer……yg kiter bukan dlm golongan umat tersebut…adoiiii….mcm nak ku “kiss”..jer ustaz..nie..chehh….

    Comment by Scare Crow — July 25, 2012 @ 12:25 pm

  100. MENGENAL…Da?wah yang dilakukan oleh jamaah tabigh, dari 2 (dua) bagian yaitu da?wah maqami (di tempat kita) dan da?wah intiqali (keluar dari kampung kita, ini yang antum kenal dengan istilah khuruj)
    Kalau kita lihat sejarah da?wah Nabi saw. maka Beliau melakukan da?wah Maqami yaitu di mekkah terhadap penduduk mekah dan kabilah-kabilah yang datang ke Mekkah, kemudian nabi saw juga melaksanakan da?wah ke Thaif untuk mengajak masuk islam bagi orang2 di luar Makkah. Pada periode Madinah kegiatan da?wah Maqami dan Intiqali juga dilakukan oleh nabi dan para sahabat nabi saw. Dimana berbagai rombongan telah dikirim ke seluruh alam untuk menyebarkan Islam. Jadi da?wah maqami dan intiqali (khuruj) adalah metode da?wah yang dilakukan oleh nabi saw. dan para sahabatnya.bahkan kuburan sahabat nabi saw,ada 300 yg sahid di pakistan,dan lagi di tempat2 lain terdapat kuburan para sahabat nabi,ini adalah bukti bahwa dakwah sampai seumur hidup,dakwah tidak terlepas dari..jihad keluar di jalan Allah sebagai.. MUHAJIR DAN ANSHAR,
    Adapun mengenai waktunya di dalam Al-qur?an memang Tidak ada ktentuan mengenai 3 hari, 40 hari maupun 4 bulan, yang ada adalah ?Keluarlah kamu dalam keadaan lapang maupun dalam keadaan sempit ??? jadi perintah qur?an sebenarnya adalah seluruh waktu kita bahkan seumur hidup, tatkala ada perintah perjuangan da?wah membutuhkan harta dan diri kita, adakah diantara kita yang sanggup ? 3 hari, 4o hari dan 4 bulan adalah suatu tertib untuk mencapai kesiapan sebagaimana dikehendaki dalam Al-Qur?an yaitu kapan saja agama ini memerlukan kita untuk memperjuangkannya,tampa batas waktu,perlu kita sadari umat akhir zaman ini sudah ibarat ranting yg sudah kering,kalau di bengkokkan sekaligus maka akan patah,dengan tahapan2 ini kita belajar,korban untuk agama,belajar menghidupkan sunnah,bbelajar silaturrahim mengunjungi saudara yg bs d jangkau,dan belajar fikir seluruh alam,sehingga diri kita ini terlatih dan mempunyai kesiapan untuk menyebar keseluruh alam,sebagaimana yg telah contohkan oleh para sahabat nabi saw,tatkala ada perintah..”” >>Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berjihad di jalan Allah, mereka itu mengharap rahmat Allah dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.? (Al-Baqarah: 218)
    Allah ta?ala berfirman (yang artinya),>> ?Katakanlah, Inilah jalanku; aku menyeru kepada Allah di atas landasan ilmu yang nyata, inilah jalanku dan orang-orang yang mengikutiku?? (QS. Yusuf : 108). >>?Hendaknya ada di antara kalian segolongan orang yang mendakwahkan kepada kebaikan, memerintahkan yang ma?ruf, melarang yang mungkar. Mereka itulah sebenarnya orang-orang yang beruntung.? (QS. Ali-?Imran : 104). >>Dari Hudzaifah bin Al-Yaman radhiyallahu?anhu, Rasulullah shallallahu ?alaihi wa sallam bersabda, ?Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya! Benar-benar kalian harus memerintahkan yang ma?ruf dan melarang dari yang mungkar, atau Allah akan mengirimkan untuk kalian hukuman dari sisi-Nya kemudian kalian pun berdoa kepada-Nya namun permohonan kalian tak lagi dikabulkan.? (HR. Ahmad, )>> ?Kalian adalah umat terbaik yang dikeluarkan bagi umat manusia, kalian perintahkan yang ma?ruf dan kalian larang yang mungkar, dan kalian pun beriman kepada Allah?? (QS. Ali-?Imran : 110). >>?Orang-orang yang beriman lelaki dan perempuan, sebahagian mereka adalah penolong bagi sebagian yang lain. Mereka memerintahkan yang ma?ruf dan mencegah dari yang mungkar,?? (QS. At-Taubah : 71). >>?Orang-orang munafiq lelaki dan perempuan, sebahagian mereka merupakan penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka memerintahkan yang mungkar dan melarang yang ma?ruf?? (QS. At-Taubah : 67). >>?Telah dilaknati orang-orang kafir dari kalangan Bani Isra?il melalui lisan Dawud dan Isa putra Maryam. Hal itu dikarenakan kemaksiatan mereka dan perbuatan mereka yang selalu melampaui batas. Mereka tidak melarang kemungkaran yang dilakukan oleh sebagian di antara mereka, amat buruk perbuatan yang mereka lakukan itu.? (QS. Al-Ma?idah : 78-79).>>?Para rasul yang kami utus sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan itu, agar tidak ada lagi alasan bagi manusia untuk mengelak setelah diutusnya para rasul. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.? (QS. An-Nisaa? : 165).>> ?Dan janganlah kalian seperti orang-orang yang berpecah belah dan berselisih setelah keterangan-keterangan datang kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang berhak menerima siksaan yang sangat besar.? (QS. Ali-?Imran : 105). >>?Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaanNya. Kamu tidak memikul tanggung jawab sedikit pun dari perbuatan mereka dan mereka pun tidak memikul tanggung jawab sedikit pun dari perbuatanmu, yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, sehingga kamu termasuk orang-orang yang zhalim.”(al-An’am: 52).
    >>”Dan bersabarlah kamu bersama orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaanNya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka.”(Al-Kahfi: 28).

    Comment by Putra Casablanca — July 31, 2012 @ 12:54 am

  101. ULAMA SALAFI…!!PERBANYAKLAH BIKIN FATWA UNTUK MENYESATKAN JEMAAH TABLIGH…kami hanya ingin menjawab….buat renungan…SIAPA YANG SESAT…
    6 SIFAT SAHABAT DAN ALQURANEnam Sifat ada dalam Surat Thaha yakni pesan Allah SWT kepada Nabi Musa as sebelum dakwah kepada Fir?aun, Samiri, Hamman, Baslam, Qorun.

    1. Sesungguhnya Aku Allah tiada Tuhan selain Aku maka sembahlah Aku (Yakin terhadap hakikat kalimah La ilaha illa Allah)2. Dirikan Sholat untuk ingat Aku (Shalat Khusyu? wal Khudu?)3. Pergilah kamu dan saudaramu (Harun as) dengan ayat-ayat Ku dan jangan lupa untuk ingat Aku. (Ilmu ma?a Dzikir)4. Berkatalah kepada Firaun dengan lemah lembut (Ikramul Muslimin)5. Aku pilih engkau untuk diri Ku (Tashhiihunniyah,Amal Semata karena Allah)6. Pergilah kamu kepada Firaun karena dia telah melampaui batas (Dakwah dan Tabligh).

    SELESAIKAN MASALAH UMMAT DENGAN AMALAN MASJID

    Dari Surat Al Baqarah 129 terlihat doa Nabi Ibrahim di Ka?bah / di masjid memohon amal Nabi yakni : Dakwah, Taklim, dan Tazkiyyah. Hal ini untuk menghilangkan panyakit asal manusia yakni :1. Takut kepada selain Allah karena ketika manusia hadir di dunia langsung berhubungan dengan kekuatan makhluk, sedangkan Allah menyempurnakan diri untuk uiji hambaNya.2. Hidup dengan cara kebiasaan sendiri, karena untuk atasi keadaan hidup yang keras mereka usaha bagaimana bisa bertahan sehingga ketika berhasil maka diyakini sebagai cara hidup yang baik (adat).3. Memakai hukum selain yang diturunkan Allah SWT, karena berhasil mengatasi persoalan hidup, maka dibuatlah menjadi suatu undang-undang.

    Amalan Nabi berfungsi untuk :

    1. DAKWAH untuk memasukkan Iman Yakin kepada manusia sehingga keluar kebesaran makhluk dan masuk kebesaran Allah SWT.2. TAKLIM untuk mengenalkan cara hidup anbiyasehingga merubah cara hidup adat menjadi cara hidup secara Sunnah.3. TAZKIYAH mensucikan kehidupan manusia dari dosa ketika jumpa dengan Allah. Di zaman Nabi penzina, pencuri, pemabuk datang kepada hukum Islam untuk minta disucikan. Sehingga hukum tegak bukan cari pelaku maksiat tetapi orang datang kepada hukum untuk tazkiyah.

    Jaulah

    Dalam surat Yasin diceritakan tentang jaulah Habb Annajar dimana beliau disyahidkan saat buat jaulah.Tatkala Kami utus dua orang (Mutakallim dan Amir) QS Yasin : 14Maka Kami kuatkan dengan yang ketiga (makmur) QS Yasin : 14Dan datanglah seseorang dari pinggiran kota dengan tergesa-gesa (Dalil) QS Yasin : 20Dengan dalil yang kuat serta adab-adab yang tinggi maka jaulah merupakan asbab hidayah bagi manusia, banyak orang yang terkesan dengan cara jaulah ini. Mereka datangi para pemabuk, rumah orang kaya, orang miskin, orang sakit, orang lapar, dll tak kesan dengan keadaan mad?u nya.Adakah cara dakwah yang lebih haq, lebih hebat dari ini. Suatu cara dakwah yang sudah teruji di Al Quran menghantarkan Habib Annajar menjadi Mukromin.

    menghidupkan amalan Nabi secara menyeluruh yakni Dakwah, Taklim wa Ta?allum, dan Tazkiyyah. Sesuai ayat :Ya Tuhan kami, utuslah seorang Rasul ditengah-tengah mereka yang berasal dari diri mereka sendiri (yang tugasnya) membacakan ayat-ayat Engkau (DAKWAH), mengajarkan kepada mereka ALKITAB dan ALHIKMAH (Taklim wa Ta?allum) dan Tazkiyyah (Dzikir Ibadah dan Khidmat), Sesungguhnya Engkau Maha Gagah dan Maha Bijaksana (AL Baqarah : 129)

    Bukan dakwah uji coba !!Bukan Dakwah Inovasi !!Tapi Dakwah cara Nabi ….silahkan..bagaimana metoda salafi…supaya..tdk hanya menyesatkan orang…tampa tabayun dulu….

    Comment by Putra Casablanca — July 31, 2012 @ 1:16 am

  102. Sebahagian para pengikut Wahabi merasa marah jika kita sebut bahwa Nejd tempat kelahiran imam mereka adalah tempat keluarnya tanduk setan dan tempat keluarnya Khawarij. Mereka beralasan bahwa Nejd yang dimaksud Rasululah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah Iraq karena negeri Iraq sumber kekacauan dan fitnah.

    Mari kita lihat sejauh mana kebenaran yang telah di sampaikan oleh pengikut wahabi yang terlalu fanatik dengan Imamnya Muhammad bin Abdul Wahab ini sehingga beliau hampir seperti nabi yang tidak salah dan khilaf, adapun selain beliau tergolong salah dan sesat.

    Bahayanya daerah Najd berasal dari hadits Rasulullah s.a.w yang menceritakan keberkatan tanah , Yaman, dan Syam sebagaimana didalam hadisnya :

    عن ابن عمر قال : ذكر النبي صلى الله عليه وسلم : ” اللهم بارك لنا في شامنا، اللهم بارك لنا في يمننا” . قال وفي نجدنا ؟ قال : ” اللهم بارك لنا في شأمنا، اللهم بارك لنا في يمننا، قالوا : وفي نجدنا ؟ فأظنه قال في الثالثة : ” هناك الزلازل والفتن وبها يطلع قرن الشيطان ” رواه البخاري كتاب الفتن باب قول النبي صلى الله عليه وسلم :” الفتنة قبل المشرق “رقم 7094

    Artinya: Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan: “Ya Allah berilah keberkatan kepada negeri Syam kami, berilah keberkatan kepada negeri Yaman kami. Mereka berkata: “Pada Nejd kami Ya Rasulullah?!” Rasulullah berkata: “Ya Allah berilah keberkatan pada negeri Syam kami, berilah keberkatan pada negeri Yaman kami.” Mereka berkata: “Pada Nejd kami Ya Rasulullah?!” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: Disana terdapat kegoyangan (aqidah) dan fitnah, serta disanalah terbitnya tanduk Syaitan.
    (HR. Bukhari, kitab al-Fitan, bab Qulun Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam al-Fitnah min Qibal al-Masyriq, no: 7094)

    Dari hadis ini kita mengetahui bahwa Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mendoakan negeri Syam dan Yaman sebab itulah para sahabat berlomba-lomba untuk pindah ke negeri Yaman dan Syam.

    Kenapa Najd yang terdapat di hadis ini bukan negeri Iraq? Adapun sebagai Jawabannya adalah sebagai berikut:

    1 – Negeri yang didoakan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (dalam hadits di atas) adalah negeri-negeri yang telah masuk Islam sebahagian penduduknya. Sebahagian ahli Syam telah mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mengucap kalimat dua syahadat, begitu pula penduduk Yaman mendatangi Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan memeluk islam ketika itu. Sementara penduduk daerah Irak tidak ada yang datang ke hadapan Rasul, namun mereka pada akhirnya tetap masuk islam pada masa pemerintahan Abu Bakar dan Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhuma ketika penaklukkan negara Farsi, sementara penduduk Nejd (tempat kelahiran pemimpin Wahabi) telah berbondong-bondong pergi ke Madinah untuk memeluk Islam

    Bagaimana mungkin di dalam hadis menyebutkan kalimat “pada Nejd kami” itu bermakna Irak kami sementara Iraq belum jatuh ke tangan umat Islam pada waktu itu dan masih di pegang oleh negara Farsi. Ungkapan “kami” di sini memiliki dua makna:

    Yang pertama: Yaitu para sahabat yang bersama Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan mereka bermaksud bahwa ungkapan “kami” adalah makna kepemilikan Irak dan ini mustahil sebab Irak belum jatuh ketangan umat Islam pada waktu itu.

    Yang kedua: Yaitu utusan yang datang dari Nejd. Jikalau Nejd itu Irak, maka itu adalah sesuatu yang mustahil sebab tidak ada riwayat yang mengatakan telah adanya utusan kaum yang datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berasal dari Irak pada waktu itu, maka mestilah Nejd tersebut adalah bahagian dari negara yang dikenal (oleh sesama mereka) yaitu Riyadh dan sekelilingnya.

    Sementara kalimat “kami” pada negeri Syam karena telah datang sebahagian utusan negeri Syam ke Madinah untuk memeluk Islam dan di Syam terdapat Baitul Maqdis serta tempat para nabi terdahulu.

    2 – Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa Nejd adalah tempat keluarnya tanduk setan, terlepas dari hakikat ataupun majaz, tapi yang dimaksud adalah orang yag membawa kesesatan dan fitnah bagi umat islam serta mereka tergolong dari orang-orang kafir karena setan pemimpin orang-orang kafir dan menyesatkan orang ini sangat jauh sekali keadaannya dengan fitnah yang berlaku di Iraq, pembunuhan Imam Ali radhiyallahu anhu di tangan orang-orang Khawarij hanyalah suatu fitnah yang lebih kecil di bandingkan dengan fitnahnya Musailamah al-Kadzab yang berasal dari Yamamah Nejd tersebut (Riyadh sekarang), yang telah mengaku nabi dan membunuh puluhan para sahabat sehingga Umar bin Khatab menjadi sangat takut akan habisnya para penghafal al-Quran disebabkan serangan Musailamah. Musailamah dan pengikutnya tergolong orang-orang kafir dan menyesatkan orang lain. Sementara orang-orang Khawarij masih dalam keadaaan islam sebagaimana di dalam riwayat Ibnu Abbas dari Imam Ali di dalam Sohih Bukhari, tetapi mereka pelampau yang keluar dari batasan, demikiannya juga pandangan ulama ahlus sunnah bahwa khawarij telah keluar dari Jama’ah tetapi tidak keluar dari islam. Dengan demikian tahulah kita bahwa fitnah yang terdapat di Yamamah (Nejd) lebih besar dari fitnah yang berada di Irak, yangmana di Nejd juga tedapat Khawarij dan golongan Qaramithoh yang kafir.

    3 – Kita mengetahui bahwa Irak adalah negeri yang berkah. Bukti keberkahan Irak adalah pindahnya ulama-ulama besar dari golongan sahabat ke Iraq seperti Imam Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Mas`ud, Anas bin Malik, `Ammar bin Yasir, Hudzaifah bin Yaman, Sa`ad bin Abi Waqash, Imran bin Hushain radhiyallahu ‘anhum. Jikalau negeri Irak tidak berkah, bagaimana mungkin para sahabat pindah ke Irak berbondong-bondong. Di negeri Irak pula terbitnya banyak ulama hadis dan mazhab ahlussunnah seperti mazhab Imam Hanafi, Imam Ahmad bin Hanbal, Imam Sufyan ats-Tsauri dan Sufyan bin Uyaynah. Begitu pula di baghdad banyak lahir ulama-ulama dan pakar-pakar Qira`ah dan Nahwu. Sangat berbeda dengan Nejd Yamamah yang tidak terdapat sedikitpun para sahabat yang bermukim di sana, bahkan para sahabat datang ke Nejd Yamamah untuk memerangi orang kafir dan murtad pengikut Musailamah Al-Kadzab. Bagaimana mungkin kita katakan bahwa Irak tempat yang terkutuk dan tidak berkah, sementara Irak telah mengeluarkan jutaan ulama. Kenapa Wahabi mengikuti mazhab Hambali sementara Imam Ahmad berasal dari Irak?!

    4 – Irak telah masyhur ketika zaman jahiliyah. Jikalau Rasulullah

    Shallallahu ‘alaihi wa sallam memaksudkan
    “Nejd kami” pada hadits di atas adalah Irak niscaya beliau akan sebutkan secara jelas dengan namanya secara khusus. Tetapi Rasul tidak menyebutkan Irak bahkan menyebutkan Nejd yang berarti bukan Irak. Jiadi jika disebut dengan Nejd maka yang dimaksud adalah Nejd secara uruf yaitu daerah Yamamah, Dar’iah dan sekitarnya karena kawasan ini juga adalah merupakan dataran tinggi.

    5 – Hadis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi:

    عن ابن عمر رضي لله عنهما أنه سمع رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو مستقبل المشرق يقول : ” ألا إن الفتنة هاهنا من حيث يطلع قرن الشيطان . رواه البخاري

    Artinya: Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma beliau mendengar Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam keadaan mengarah ke bahagian arah timur Madinah: “Ingatlah bahwasanya fitnah datang dari sana, dari tempat terbitnya tanduk syaitan. (H.R .Bukhari no: 7093)

    Bahagian Timur Madinah adalah Nejd (bahagian Yamamah, Dir`ah, dll) bukan Irak. Ini sangatjelas kalau kita melihat peta. Adapun para ulama yang menafsirkan timur tersebut ke arah Iraq telah tersalah dengan kenyataan dan ilmu zaman sekarang karena timurnya Madinah adalah bukan Irak.

    6 – Hadis Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menyuruh penduduk Nejd agar berniat ihram dari Qarnu al-Manazil.

    عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال : أمر رسو ل الله صلى الله عليه وسلم أهل المدينة أن يهلوا من ذي الحليفة، وأهل الشام من الجحفة وأهل النجد من قرن المنازل .رواه مالك ، كتاب الحج باب مواقت الإهلال

    Artinya: Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh penduduk Madinah berniat ihram dari Dzul Hulaifah, penduduk Syam dari Juhfah, dan penduduk Nejd dari Qarn al-Manazil. (H.R. Imam Malik Kitab al-Hajj bab Mawaqit al-Ihlal no: 732).

    Sementara lafazh di dalam Sohih Bukhari ialah:

    عن ابن عمر : وقّت رسول الله صلى الله عليه وسلم قرنا لأهل نجد ، والجحفة لأهل الشام وذا الحليفة لأهل المدينة، قال : سمعت هذا من النبي صلى الله عليه وسلم ، وبلغني أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : : و لأهل اليمن يلملم ” وذكر العراق فقال : لم يكن عراق يومئذ ( رواه البخاري . رقم : 7344

    Artinya: Dari Ibnu Umar beliau berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menentukan miqat bagi ahli Nejd di Qaran, Juhfah untuk penduduk Syam, Dzul Hulaifah untuk penduduk Madinah. Berkata Ibnu Umar: “Telah sampai kepadaku bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Bagi penduduk Yaman dari Yalamlam.” Kemudian disebutkan Iraq, berkata beliau : “Ketika itu belum ada Iraq.” (H.R. Bukhari no: 7344 )

    Dari kedua hadis diatas jelaslah bahwa yang di maksud Nejd adalah daerah dataran tinggi yang terdiri dari Yamamah (Riyadh sekarang), Dir`ah dan lain-lainnya, bukan Irak, karena ketika itu orang Irak belum memeluk islam. Sementara Qarnu Manazil berhampiran dengan Yamamah (Riyadh sekarang).

    7 – Adapun riwayat yang menggantikan Masyriq (arah timur) kepada Irak, riwayat ini telah diubah dan tidak soheh sebab kebanyakkan riwayat mengatakan Masyriq, adapun penafsiran Salim bin Abudullah bin Umar kepada Irak adalah salah satu ijtihad beliau yang belum boleh dijadikan pegangan sebab bukan dari penafsiran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana Salim bin Abdullah pernah berijtihad untuk melarang para wanita pergi shalat ke masjid sehingga ayah beliau Abdullah bin Umar marah tidak bercakapan dengan beliau sampai Abdullah bin Umar meninggal dunia…..sekarang sudah menjadi kenyataan..dengan menghalang2nginya..usaha dakwah ilallah..bahwa bagian dari fitnah najed adalah ..firqoh SALAFI…

    Comment by Abd Gafur Al anjiri — July 31, 2012 @ 2:11 am

  103. tidak usah risau dg hal ini, hendaknya semua tengok dan tafsirkan surat at-taubah ayat 18-20 supaya mantap dalam apa yang kita kerjakan ini. Allah bersama kita,

    Comment by abdullah — August 6, 2012 @ 12:39 am

  104. insyallah Allah bersama kita

    Comment by abdullah — August 6, 2012 @ 12:41 am

  105. benar sekali semua yang diucapkan ust Abdul Hakim Abdat bahwa Jamaah tabligh adalah firqoh sesat menyesatkan, mayoritas pengikutnya orang-orang jahil yang tidak memiliki ilmu kecuali sebatas khayalan dan impian mereka. Anda wahai tablighy, kapan beertaubat dan menyadari kedunguan anda…tobatlah…jangan membantah !!

    Comment by atsari — August 27, 2012 @ 11:13 pm

  106. Fatwa Ulama Tentang Kesesatan Jama?ah Tabligh

    1. Syaikh Muhammad bin Ibrahim rahimahullah

    ?Dari Muhammad bin Ibrahim kepada yang terhormat raja Khalid bin Su?ud.

    Assalamu ?alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu. Wa ba?du:

    Saya telah menerima surat Anda dengan no. 37/4/5/D di 21/1/82H. Yang berkaitan tentang permohonan untuk bekerja sama dengan kelompok yang menamakan dirinya dengan ?Kulliyatud Da?wah wat Tabligh Al Islamiyyah.?

    Maka saya katakan: Bahwa jama?ah ini tidak ada kebaikan padanya dan jama?ah ini adalah jama?ah yang sesat. Dan setelah membaca buku-buku yang dikirimkan, kami dapati di dalamnya berisi kesesatan dan bid?ah serta ajakan untuk beribadah kepada kubur dan kesyirikan. Perkara ini tidak boleh didiamkan. Oleh karena itu kami akan membantah kesesatan yang ada di dalamnya. Semoga Allah menolong agama-Nya dan meninggikan kalimat-Nya. Wassalamu ?alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. 29/1/82H.? (Al Qaulul Baligh hal. 29 dengan diringkas)

    2. Syaikh Hummud At Tuwaijiri rahimahullah

    ?Adapun ucapan penanya: Apakah aku menasehatinya untuk ikut khuruj dengan orang-orang tabligh di dalam negeri ini (Saudi) atau di luar?

    Maka saya jawab: Saya menasehati penanya dan yang lainnya yang ingin agamanya selamat dari noda-noda kesyirikan, ghuluw, bid?ah dan khurafat agar jangan bergabung dengan orang-orang Tabligh dan ikut khuruj bersama mereka. Apakah itu di Saudi atau di luar Saudi. Karena hukum yang paling ringan terhadap orang tabligh adalah: Mereka ahlul bid?ah, sesat dan bodoh dalam agama mereka serta pengamalannya. Maka orang-orang yang seperti ini keadaannya, tidak diragukan lagi bahwa menjauhi mereka adalah sikap yang selamat.

    Sungguh sangat indah apa yang dikatakan seorang penyair:

    Janganlah engkau berteman dengan teman yang bodoh.

    Hati-hatilah engkau darinya.

    Betapa banyak orang bodoh yang merusak seorang yang baik ketika berteman dengannya.?

    (Al Qaulul Baligh, syaikh Hummud At Tuwaijiri hal. 30)

    3. Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani hafidhahullah

    Pertanyaan:

    Di sini ada pertanyaan: Apa pendapat Anda tentang Jama?ah (firqah) Tabligh dan apakah ukuran khuruj ada terdapat dalam sunnah?

    Jawab:

    Pertanyaan ini adalah pertanyaan penting. Dan aku memiliki jawaban yang ringkas, serta kalimat yang benar wajib untuk dikatakan. Yang saya yakini bahwa da?wah tabligh adalah: sufi gaya baru. Da?wah ini tidak berdasarkan Kitabullah dan Sunnah Rasulullah shallallahu ?alaihi wa sallam. Khuruj yang mereka lakukan dan yang mereka batasi dengan tiga hari dan empat puluh hari, serta mereka berusaha menguatkannya dengan berbagai nash, sebenarnya tidak memiliki hubungan dengan nash secara mutlak. Sebenarnya cukup bagi kita untuk bersandar kepada salafus shalih. Penyandaran ini adalah penyandaran yang benar. Tidak boleh bagi seorang muslim untuk tidak bersandar kepadanya. Bersandar kepada para salafus sholih, -wajib diketahui hakikat ini,- bukanlah seperti bersandar kepada seseorang yang dikatakan pemilik mazhab ini atau kepada seorang syaikh yang dikatakan bahwa dia pemilik tarikat ini atau kepada seseorang yang dikatakan bahwa dia pemilik jama?ah tertentu. Berintima? (bergabung) kepada salaf adalah berintima? kepada sesuatu yang ?ishmah (terpelihara dari dosa). Dan berintima? kepada selain mereka adalah berintima? kepada yang tidak ?ishmah. Firqah mereka itu ?cukup bagi kita dengan berintima? kepada salaf- bahwa mereka datang membawa sebuah tata tertib khuruj untuk tabligh (menyampaikan agama), menurut mereka. Itu tidak termasuk perbuatan salaf, bahkan bukan termasuk perbuatan khalaf, karena ini baru datang di masa kita dan tidak diketahui di masa yang panjang tadi. (Sejak zaman para salaf hingga para khalaf). Kemudian yang mengherankan, mereka mengatakan bahwa mereka khuruj (keluar) untuk bertabligh, padahal mereka mengakui sendiri bahwa mereka bukan orang yang pantas untuk memikul tugas tabligh (penyampaian agama) itu. Yang melakukan tabligh (penyampaian agama) adalah para ulama, sebagaimana yang dilakukan Rasulullah dengan mengutus utusan dari kalangan para sahabatnya yang terbaik yang tergolong ulama mereka dan fuqaha` mereka untuk mengajarkan Islam kepada manusia. Beliau mengirim Ali sendirian, Abu Musa sendirian, dan Mu?adz sendirian. Tidak pernah beliau mengirim para sahabatnya dalam jumlah yang besar, padahal mereka sahabat. Karena mereka tidak memiliki ilmu seperti beberapa sahabat tadi. Maka apa yang kita katakan terhadap orang yang ilmunya tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan sahabat yang tidak dikirim Nabi, apa lagi dibanding dengan para sahabat yang alim seperti yang kita katakan tadi?! Sedangkan mereka (Firqah Tabligh) keluar berdakwah dengan jumlah puluhan, kadang-kadang ratusan. Dan ada di antara mereka yang tidak berilmu, bahkan bukan penuntut ilmu. Mereka hanya memiliki beberapa ilmu yang dicomot dari sana sini. Adapun yang lainnya, hanya orang awam saja. Di antara hikmah orang dulu ada yang berbunyi: Sesuatu yang kosong tidak akan bisa memberi. Apa yang mereka sampaikan kepada manusia, padahal mereka mengaku (jama?ah) Tabligh?

    Kita menasehati mereka di Suriah dan Amman agar duduk dan tinggal di negeri mereka dan duduk mempelajari agama, khususnya mempelajari aqidah tauhid, -yang iman seorang mukmin tidak sah walau bagaimanapun shalihnya dia, banyak shalat dan puasanya-, kecuali setelah memperbaiki aqidahnya.

    Kita menasehati mereka agar tinggal di negeri mereka dan membuat halaqah ilmu di sana serta mempelajari ilmu yang bermanfaat dari para ulama sebagai ganti khurujnya mereka ke sana kemari, yang kadang-kadang mereka pergi ke negeri kufur dan sesat yang di sana banyak keharaman, yang tidak samar bagi kita semua yang itu akan memberi bekas kepada orang yang berkunjung ke sana, khususnya bagi orang yang baru sekali berangkat ke sana. Di sana mereka melihat banyak fitnah, sedangkan mereka tidak memiliki senjata untuk melidungi diri dalam bentuk ilmu untuk menegakkan hujjah kepada orang, mereka akan menghadapi, khususnya penduduk negeri itu yang mereka ahli menggunakan bahasanya, sedangkan mereka (para tabligh) tidak mengerti tentang bahasa mereka.

    Dan termasuk syarat tabligh adalah hendaknya si penyampai agama mengetahui bahasa kaum itu, sebagaimana diisyaratkan oleh Rabb kita ?Azza wa Jalla dalam Al Qur`an:

    وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلاَّ بِلِسَانِ قَوْمِهِ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ

    ?Tidaklah kami mengutus seorang rasul kecuali dengan lisan kaumnya agar dia menerangkan kepada mereka.? (Ibrahim: 4)

    Maka bagaimana mereka bisa menyampaikan ilmu, sedangkan mereka mengakui bahwa mereka tidak memiliki ilmu?! Dan bagaimana mereka akan menyampaikan ilmu, sedangkan mereka tidak mengerti bahasa kaum itu?! Ini sebagai jawaban untuk pertanyaan ini. (Dari kaset Al Qaulul Baligh fir Radd ?ala Firqatit Tabligh)

    4. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz hafidhahullah

    Pertanyaan:

    Semoga Allah merahmati Anda, ya syaikh. Kami mendengar tentang (firqah) tabligh dan dakwah yang mereka lakukan, apakah anda membolehkan saya untuk ikut serta dengan mereka? Saya mengharap bimbingan dan nasehat dari anda. Semoga Allah memberi pahala kepada anda.

    Jawab:

    Siapa yang mengajak kepada Allah adalah muballigh, (sebagaimana Nabi bersabda ?pent) ?Sampaikan dariku walau satu ayat.? Adapun jama?ah (firqah) tabligh yang terkenal dari India itu, di dalamnya terdapat khurafat-khurafat, bid?ah-bid?ah dan kesyirikan-kesyirikan. Maka tidak boleh khuruj (keluar) bersama mereka. Kecuali kalau ada ulama yang ikut bersama mereka untuk mengajari mereka dan menyadarkan mereka, maka ini tidak mengapa. Tapi kalau untuk mendukung mereka, maka tidak boleh, karena mereka memiliki khurafat dan bid?ah. Dan orang alim yang keluar bersama mereka hendaknya menyadarkan dan mengembalikan mereka kepada jalan yang benar. (Dari kaset Al Qaulul Baligh)

    Tanya:

    Para penuntut ilmu menanya kepada anda dan para ulama kibar (senior) lainnya tentang: Apakah anda menyetujui kalau mereka bergabung dengan kelompok yang ada seperti Ikhwan, Tabligh, kelompok Jihad dan yang lainnya atau anda menyuruh mereka untuk belajar bersama para da?i salaf yang mengajak kepada dakwah salafiyyah?

    Jawab:

    Kita nasehati mereka semuanya untuk belajar bersama para thalabul ilmi lainnya dan berjalan di atas jalan Ahlus Sunnah wal Jama?ah. Kita nasehati mereka semuanya agar tujuannya untuk mengikuti Al Kitab dan sunnah dan berjalan di atas jalan Ahlus sunnah wal Jama?ah. Dan hendaknya mereka menjadi ahlus sunnah atau para pengikut salafus shalih. Adapun berhizb dengan Ikhwanul Muslimin, Tablighi atau yang lainnya, maka tidak boleh. Ini keliru. Kita nasehati mereka agar menjadi satu jama?ah dan bernisbah kepada Ahlus sunnah wal jama?ah. Inilah jalan yang lurus untuk menyatukan langkah. Kalau ada berbagai nama sedangkan semuanya di atas satu jalan, dakwah salafiyyah, maka tidak mengapa, seperti yang ada di Shan?a dan yang lainnya, tapi yang penting tujuan dan jalan mereka satu. (Dari kaset Al Qaulul Baligh)

    5. Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Ghudayyan hafidhahullah (anggota Hai?ah Kibarul Ulama`)

    Pertanyaan:

    Kami berada di suatu kampung dan berdatangan kepada kami apa yang dinamakan dengan (firqah) Tabligh, apakah kami boleh ikut berjalan bersama mereka? Kami mohon penjelasannya.

    Jawab:

    Jangan kalian ikut berjalan bersama mereka!! Tapi berjalanlah dengan Kitabullah dan Sunnah Rasulullah shallallahu ?alaihi wa sallam!! (Dari kaset Al Qaulul Baligh)

    6. Syaikh Abdul Muhsin Al Abbad hafidhahullah

    Pertanyaan:

    Syaikh, di sana ada kelompok-kelompok bid?ah, seperti Ikhwan dan Tabligh serta yang lainnya. Apakah kelompok ini termasuk Ahlus Sunnah? Dan apa nasehat anda tentang masalah ini?

    Jawab:

    ?Kelompok-kelompok ini? Telah diketahui bahwa yang selamat adalah yang seperti yang telah saya terangkan tadi, yaitu kalau sesuai dengan Rasulullah dan para sahabatnya, yang mana beliau berkata ketika ditanya tentang Al Firqatun Najiyah: Yang aku dan para sahabatku ada di atasnya. Firqah-firqah baru dan beraneka ragam ini, pertama kali: bid?ah. Karena lahirnya di abad 14. Sebelum abad 14 itu mereka tidak ada, masih di alam kematian. Dan dilahirkan di abad 14. Adapun manhaj yang lurus dan sirathal mustaqim, lahirnya atau asalnya adalah sejak diutusnya Rasulullah shallallahu ?alaihi wa sallam.

    Maka siapa yang mengikuti ini dialah yang selamat dan berhasil. Adapun yang meninggalkan berarti dia menyimpang. Firqah-firqah itu telah diketahui bahwa padanya ada kebenaran dan ada kesalahan, akan tetapi kesalahan-kesalahannya besar sekali, maka sangat dikhawatirkan.

    Hendaknya mereka diberi semangat untuk mengikuti jama?ah yakni Ahlus Sunnah wal Jama?ah dan yang berada di atas jalan salaf ummat ini serta yang menta?wil menurut apa yang datang dari Rasulullah bukan dengan yang datang dari si fulan dan fulan, menurut tarikat-tarikat yang ada di abad 14 H. Maka kedua kelompok yang tadi disinggung adanya hanya di abad 14 H. Mereka berpegang dan berjalan di atas jalan-jalan dan manhaj-manhaj itu. Mereka tidak berpegang dengan dalil-dalil dari Al Kitab dan Sunnah, tapi dengan pendapat-pendapat, pemikiran-pemikiran dan manhaj-manhaj yang baru dan bid?ah yang mereka membangun jalan dan manhaj mereka di atasnya.

    Dan yang paling jelas di kalangan mereka adalah: Wala` dan Bara`. Al Wala` wal Bara` di kalangan mereka adalah bagi yang masuk ke dalam kelompok mereka, misalnya Ikhwanul Muslimin, siapa yang masuk ke dalam kelompok mereka, maka dia menjadi teman mereka dan akan mereka cintai walaupun dia dari rafidlah, dan akhirnya dia menjadi saudara dan teman mereka.

    Oleh karena ini mereka mengumpulkan siapa saja, termasuk orang rafidlah yang membenci sahabat dan tidak mengambil kebenaran dari sahabat. Kalau dia masuk ke dalam kelompok mereka, jadilah dia sebagai teman dan anggota mereka. Mereka membela apa yang dia bela dan membenci apa yang dia benci.

    Adapun Tabligh, pada mereka terdapat perkara-perkara mungkar. Pertama: dia adalah manhaj yang bid?ah dan berasal dari Delhi (India ?red) bukan dari Mekkah atau Madinah. Tapi dari Delhi di India. Yakni seperti telah diketahui bahwa di sana penuh dengan khurafat, bid?ah dan syirik walau di sana juga banyak Ahlus Sunnah wal Jama?ah, seperti jama?ah ahlul hadits, yang mereka adalah sebaik-baik manusia di sana. Tetapi Tabligh ini keluar dari sana melalui buatan para pemimpin mereka yang ahli bid?ah dan tarekat sufi yang menyimpang dalam aqidah. Maka kelompok ini adalah kelompok bid?ah dan muhdats. Di antara mereka ada Sufi dan Asy?ari yang jelas-jelas bukan berada di atas jalan Ahlus Sunnah wal Jama?ah, dalam aqidah dan manhaj. Dan yang selamat adalah orang yang mengikuti manhaj salaf dan yang berjalan di atas jalan mereka.? (Dari kaset Al Qaulul Baligh)

    7. Syaikh Rabi? bin Hadi Al Madkhali hafidhahullah

    ?Saya tidak pernah khuruj dengan mereka (Firqah tabligh), tapi saya pergi untuk suatu keperluan, yakni ke Kashmir. Setelah selesai dari pekerjaan ini aku melewati Delhi. Maka ada yang mengatakan kepadaku: Mari kita singgah ke suatu tempat untuk dikunjungi, yaitu ke markas Tabligh yaitu di Nizamuddin. Nizamuddin ini adalah masjid yang dekat dengan markas jama?ah tabligh. Di dalamnya ada lima kubur yang diberi kubah. Yakni kuburan yang disembah, bukan menyembah kepada Allah. Ini ibadah yang jelas syirik. Maka kami melewati ?monumen? ini. Kemudian kami singgah ke markas tabligh. Orang-orang berselisih apakah di dalamnya ada kuburan atau tidak.

    Maku Abdurrab bertanya, ini orang yang saya ceritakan tadi, apakah di dalam masjid Tabligh ini ada kuburan? Yang cerdas di kalangan mereka berkata: Tidak, di sini tidak ada kuburan! Kuburan Ilyas di Mekkah atau di tempat ini atau itu yang jauh. Maka dia terus bertanya hingga ada seseorang yang menunjukkan atau mengabarkan bahwa di sana ada kuburan Ilyas dan di sebelahnya kuburan istrinya.

    Kemudian al Akh Abdurrab pergi ke kedua kuburan itu dan mencari-carinya setelah ketemu, dia datang kepada kami sambil berkata: Mari, saya tunjukkan kepada kalian dua kuburannya. Maka kami melihat, ini kuburan Ilyas dan ini kuburan istrinya yang keduanya ada di dalam masjid.

    Kemudian setelah itu kami pastikan bahwa di dalamnya ada empat kuburan, bukan dua kuburan saja. Kami memastikannya melalui orang-orang yang dipercaya yang telah berjalan bersama Tabligh bertahun-tahun.

    Tidak akan berkumpul masjid dan kuburan (di satu tempat) dalam agama Islam. Akan tetapi, mereka ini karena kesufiannya, kebodohannya terhadap manhaj dakwah para nabi, jauh darinya dan meremehkannya, mereka menguburkan para gurunya di masjid, padahal para ulama telah mengatakan: bahwa shalat di dalam masjid yang ada kuburan atau beberapa kuburan, shalatnya tidak sah. Saya bertanya tentang hal ini kepada Syaikh Bin Bazz. Sebenarnya saya tahu tentang ini dan juga para Thalabul Ilmi bahwa shalat di dalam masjid yang ada satu kuburan atau beberapa kuburan, shalatnya tidak sah. Maka saya tanyakan kepada Syaikh Bin Bazz, agar hadirin mendengar jawabannya. Saya katakan: Apa pendapat anda, syaikh, tentang masjid yang ada kuburan di dalamnya, apakah sah shalat di dalamnya? Beliau menjawab: Tidak! Saya katakan: Di dalamnya ada banyak kuburan? Beliau mengatakan: Terlebih lagi demikian! Saya katakan: Kuburannya bukan di kiblat masjid, tapi di sebelah kiri dan kanannya? Beliau menjawab: Demikian juga, tetap tidak sah. Saya katakan kepada beliau bahwa masjid induk atau markas induk tabligh di dalamnya ada beberapa kuburan? Maka beliau menjawab: Tetap shalatnya tidak sah!

    Sangat disayangkan sekali, kelompok ini bergerak di dunia, tetapi beginilah keadaannya; tidak mengajak kepada tauhid, tidak membasmi syirik dan tidak membasmi jalan-jalan menuju kesyirikan. Mereka terus berjalan dengan melewati beberapa kurun dan generasi tetap dengan dakwah seperti ini. Tidak mau berbicara tentang tauhid, memerangi kesyirikan dan tidak membolehkan bagi para pengikutnya untuk melaksanakan kewajiban ini. Ini adalah suatu hal yang telah diketahui di kalangan mereka.

    Maka kita meminta kepada mereka agar kembali kepada Allah dan mempelajari manhaj dakwah para nabi, mereka juga jama?ah yang lainnya.

    Mengapa demikian wahai saudara-saudara? Karena kalau ada yang berdakwah mengajak kepada shalat, orang akan berkata: Silahkan! Tidak ada yang melarang, mereka tidak akan khawatir. Akan tetapi coba kalau mengatakan: Berdo?a kepada selain Allah adalah perbuatan syirik! Membangun kuburan haram hukumnya! Menyembelih untuk selain Allah adalah syirik! Maka mereka akan marah.

    Ada seorang pemuda yang berkhuthbah di suatu masjid tentang persatuan, akhlak, perekonomian, dekadensi moral, dan yang lainnya. Orang-orang semuanya, masya Allah, berkumpul dan mendengarkannya. Kita katakan kepadanya: Ya akhi? jazakallahu khairan, khuthbah anda sangat baik, tetapi orang-orang yang ada di hadapanmu ini tidak mengenal tentang tauhid, mereka terjatuh dalam kesyirikan dan bid?ah, maka terangkan kepada mereka tentang manhaj dakwah para Nabi ?alaihimush shalatu was salam! Maka ketika dia mulai berbicara, merekapun mulai bersungguh-sungguh. Ketika dia terus berbicara, merekapun semakin jengkel. Maka ketika yang ketiga kalinya ada sekelompok orang yang ada di masjid bangkit dan memukulinya! Maka dia datang kepadaku sambil menangis. Dia berkata: Aku habis bertengkar dengan mereka, mereka memukuliku! Maka aku katakan kepadanya: Sekarang engkau telah berjalan di atas manhaj dakwah para Nabi. Kalau engkau tetapi seperti dulu bertahun-tahun, engkau tidak akan berselisih dengan seorangpun. Dari sinilah kelompok yang ada ini bergerak, mereka memerangi bagian ini. Nabi bersabda:

    أَشَدُّ النَّاسِ بَلاَءً الأَنْبِيَاء ثُمَّ اْلأّمْثَل فَاْلأَمْثَل

    ?Seberat-berat manusia diberi cobaan adalah para Nabi, kemudian yang selanjutnya dan kemudian yang selanjutnya.?

    Karena mereka menghadapi berbagai gangguan yang hanya Allah yang tahu tentang kerasnya gangguan itu ketika mereka berdakwah kepada tauhid dan membasmi kesyirikan. Dari sinilah para da?i yang mengajak kepada tauhid dan membasmi syirik malah disakiti. Kalau dakwah Ikhwan dan Tabligh disenangi manusia karena meremehkan sisi ini. Tapi kalau aku berkhuthbah di masjid seperti ini, sedikit sekali yang mau mendengarku dan menerima dakwahku, kecuali orang-orang yang dikehendaki Allah. Kalau aku berdakwah mengajak shalat, mereka akan berkata: silahkan. Tapi kalau aku berdakwah untuk bertauhid dan memerangi kesyirikan, semuanya akan lari dan merasa asing. Inilah dakwah para Nabi.

    Inilah dasarnya mengapa mereka menjadi manusia yang paling banyak ganngguannya. Sekarang para salafiyyun, para da?i kepada tauhid keadaan mereka dikaburkan oleh manusia. Karena banyaknya fitnah, kebohongan-kebohongan dan tuduhan dusta yang ditujukan kepada mereka. Mengapa? Karena mereka mengajak untuk mentauhidkan Allah!

    Kelompok ini tidak bisa masuk ke dalam lapangan ini, karena mereka takut kepada sisi ini. Tetapi mereka akan ditanya di hadapan Allah. Demi Allah, telah datang kepada kami seseorang atau segolongan Tabligh di Benares, di sebuah rumah yang saya tempati dengan syaikh Shalih Al Iraqi. Mereka berkata: Kami dengar kalian datang, kami sangat senang, maka kami datang mengunjungi kalian agar kalian ikut bersama kami berdakwah kepada Allah. Dan tempat kami adalah masjid ini. Maka kami juga gembira dan mendatangi masjid itu, ternyata masjid itu tempat tarikat Berelwian. Mereka adalah para penyembah berhala dan sangat keterlaluan dalam penyembahan itu.

    Mereka meyakini bahwa para wali bisa mengetahui perkara yang ghaib dan mengatur alam. Mereka membolehkan untuk bernadzar, menyembelih, sujud dan ruku? kepada kuburan. Singkat kata: mereka adalah golongan penyembah berhala. Maka Syaikh Shalih pergi dan bersama kami ada seorang penerjemah, namanya Abdul Alim, sekarang dia ada di Rabithah Al Alam Islami. Kami bawa orang ini untuk menerjemahkan ucapan syaikh. Maka syaikhpun berbicara. Setiap selesai berbicara beliau melihat kepada penerjemah agar diterjemahkan. Maka penerjemahpun akan bergerak, maka ternyata pemimpin tabligh melihat dan berkata: Tungguh, saya yang akan menerjemahkan. Maka syaikh terus berbicara, tapi tidak ada seorangpun yang menerjemahkan. Hingga ceramahnya selesai. Ketika selesai acara itu dia mengucap salam dan malah pergi. Maka kami tetapi di situ menunggu terjemah. Dia berkata: Saya ada keperluan, biar orang ini yang menerjemahkan. Maka kami shalat Isya? sambil menunggu terjemahan ceramah itu, tapi tidak kunjung diterjemahkan. Maka saya temui lagi orang itu dan mengatakan: Ya akhi, kami datang ke tempat kalian ini bukan untuk main-main. Tapi kalian tadi meminta kepada kami untuk ikut serta bersama kalian berdakwah, maka kamipun datang menyambut ajakan kalian. Dan syaikh tadi telah berbicara. Ketika penerjemah akan menerjemah engkau malah melarangnya. Dan engkau menjanjikan akan menerjemahkannya, tapi engkau tidak lakukan sedikitpun. Maka dia berkata: Ya akhi, engkau tahu?! Masjid ini milik Khurafiyyin!! Kalau kita berbicara tentang tauhid, mereka akan mengusir kita dari masjid. Maka saya katakan: Ya akhi, apakah seperti ini dakwah para Nabi? Ya akhi, dakwah kalian sekarang menyebar di penjuru dunia. Kalian pergi ke Amerika, Iran dan Asia, kalian tidak dapati sedikitpun perlawanan selama-lamanya. Apakah seperti ini dakwah para Nabi? Semua manusia menerimanya dan menghormatinya? Dakwah para Nabi padanya ada pertempuran, darah, kesusahan-kesusahan dan lain-lain. Kalau engkau diusir dari suatu masjid, berdakwahlah di masjid lain atau di jalan-jalan atau di hotel-hotel. Katakan kalimat yang haq dan tinggalkan. Rasul saja diusir dari Mekkah karena sebab dakwah ini. Kemudian saya tanya sudah berapa lama dakwah ini berjalan? Dia berkata: Belum tiga puluh tahun. Saya katakan: Kalian telah menyebar di India, utara dan selatan. Dan engkau melihat fenomena kesyirikan di hadapanmu dan telah mati berjuta-juta orang. Sudah berapa juta orang yang mati selama itu dalam keadaan berada di atas kesesatan, kesyirikan dan bid?ah yang kalian sebarkan ini?! Dan engkau belum menerangkan hal itu kepada mereka! Apakah engkau tidak merasa kalau engkau akan ditanya di hadapan Allah karena engkau menyembunyikan kebenaran ini dan tidak menyampaikannya kepada para hamba Allah?! Diapun diam. Maka aku permisi dan keluar.

    Mereka menyembunyikan kebenaran yang dinyatakan Al Qur`an. Dan mereka tidak menegakkan panji-panji tauhid dan tidak mau menyatakan peperangan kepada kesyirikan dan bid?ah. Mereka ini terkena ayat Allah:

    إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِنْ بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ أُولَئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللَّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللاَّعِنُونَ

    ?Sesungguhnya orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkan kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati.? (Al Baqarah: 159).

    Apa yang mereka dapati kalau mereka telah menyembunyikan kebenaran yang paling nyata?! Dan hal yang paling besar yang bukti-bukti itu berdiri di atasnya?! Bukti-bukti yang paling besar adalah ayat-ayat tauhid. Dakwah yang paling besar yang dilakukan para nabi dan Al Qur`an adalah tauhid. Dan yang paling jelek dan bahaya adalah syirik dan bid?ah. Al Qur`an dan Sunnah telah memeranginya. Kemudian mereka malah setuju dan bersama kesyirikan, bid?ah, dan para pendukungnya sampai mati. Berapa banyak orang yang mati di bawah panji ini dalam keadaan tidak tahu kebenaran tauhid selama itu?! Dan dalam keadaan tidak bisa membedakan antara tauhid dengan syirik?!

    Kalau mereka tidak dihisab karena menyembunyikan ayat tauhid, maka siapa lagi yang dihisab?

    Kita berharap kepada Allah agar menjadi orang yang menolong agama ini dan menasehati kaum muslimin. Dan agar Allah menjauhkan kita dari sifat menipu dalam agama, karena membiarkan bid?ah dan syirik adalah penipuan yang paling besar. Tidak ada penipuan yang bisa menyaingi penipuan ini. Kalau menipu manusia dalam perdagangan saja Rasulullah berlepas tangan, maka bagaimana lagi kalau menipu dalam agama? Bagaimana engkau bisa diam terhadap kesyirikan dan bid?ah?! Engkau merusak aqidah kaum muslimin dan masyarakat mereka. Kemudian engkau mengatakan: Kita semua kaum muslimin, bersaudara dan engkau tidak menerangkan mana yang haq dan mana yang batil?! Kita memohon kepada Allah agar Dia menjaga kita dari penyakit ini.? (Dari kaset Al Qaulul Baligh)

    8. Syaikh Shalih bin Abdullah Al Abud hafidhahullah

    Adapun tabligh? ketika Khilafah Utsmaniyyah runtuh bangkitlah firqah ini dengan pemikiran jama?ah ini, firqah tabligh. Dan mereka membuat dasar-dasar untuk para pengikutnya dengan nama ?Ushulus Sittah? yang mereka dakwahkan manusia kepadanya. Dan di akhirnya mereka membai?at menurut empat macam tarekat sufi; Jistiyyah, Syahrawardiyyah, Naqsyabandiyah dan Matur? saya lupa yang keempat, yang jelas empat tarekat. Mereka dalam bidang aqidah adalah Maturidiyah atau Asy?ariyyah. Dan dalam pemahaman syahadat mereka, yaitu syahadat Laa Ilaaha Illallah dan Muhammad Rasulullah. Mereka tidak memahami maknanya kecuali bahwa: Tidak ada yang Kuasa untuk Mencipta dan Mengadakan serta Membuat kecuali Allah. Dan dalam memahami makna Muhammad Rasulullah, (mereka tidak memahaminya seperti yang kita fahami, yaitu membenarkan apa yang beliau sampaikan, mentaati apa yang beliau perintahkan, menjauhi apa yang beliau larang dan peringatkan dan Allah tidak diibadahi kecuali dengan apa yang beliau syariatkan). Pemahaman ini tidak ada di kalangan jama?ah tabligh, bahkan kadang-kadang mereka mengkultuskan individu-individu tertentu dan menyatakan mereka memiliki ?Ishmah (tidak akan salah). Dan sampai-sampai bila para syaikhnya mati, mereka bangun di atas kuburannya bangunan-bangunan dalam masjid. Tabligh adalah firqah, tanpa perlu diragukan lagi. Karena menyelisihi firqatun Najiyah. Mereka memiliki manhaj khusus. Yang tidak ikut ke dalamnya tidak dianggap sebagai orang yang mendapat hidayah. Tabligh membagi manusia menjadi: Muhtadi (orang yang mendapat hidayah) dan manusia yang masih diharapkan mendapat hidayah (tim penggembira saja ?pent). Golongan Muhtadi adalah yang telah masuk keseluruhan dalam tandhim (keorganisasian) dan firqah mereka. Dan yang non Muhtadi, tidak termasuk golongan mereka walaupun dia imam kaum muslimin. Ini dalam pemahaman mereka.

    Ikhwanul Muslimin juga demikian, yang termasuk tandhim mereka adalah Ikhwanul Muslimin dan yang tidak masuk, maka bukan Ikhwanul Muslimin walaupun orang itu adalah alim dalam Islam. Cukup sikap ta?ashshub ini menjadi dalil bahwa mereka telah mengeluarkan diri-diri mereka sendiri dari jama?ah kaum muslimin. Karena jama?ah kaum muslimin tidak menganggap bahwa hidayah hanya sampai kepada mereka saja. Dan manhaj mereka adalah manhaj yang paling luas, karena mereka tidak mencap setiap orang yang tidak sefaham dengan mereka sebagai orang kafir. Tapi mereka masih mengakui bahwa mereka adalah kaum muslimin dan mengharapkan agar dia mendapat hidayah. Meskipun orang itu mengkafirkan mereka, mereka tetap tidak membalasnya dengan mengkafirkannya pula. Maka manhaj Firqatun Najiyah adalah manhaj yang paling luas dalam hal ini. Wallahu A?lam.

    (Semua fatwa ini diambil dari kaset Al Qaulul Baligh ?ala Dzammi Jama?atit Tabligh)

    9. Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadi?i rohimahulloh

    Setelah membawakan pendirian beliau terhadap Ikhwanul Muslimin beliau berkata: ?Adapun Jama?ah tabligh, silakan engkau membaca apa yang dituturkan syaikh Muhammad bin Abdul Wahab Al Washshabi, ia berkata:

    1. Mereka mengamalkan hadits-hadits dla?if (lemah) bahkan maudlu? (palsu) serta Laa Ashla Lahu (tidak ada asalnya).

    2. Tauhid mereka penuh dengan bid?ah, bahkan dakwah mereka berdasarkan bid?ah. Karena dakwah mereka berdasarkan Al Faqra (kefakiran) yaitu khuruj (keluar). Dan ini diharuskan di setiap bulan 3 hari, setiap tahun 40 hari dan seumur hidup 4 bulan, dan setiap pekan 2 jaulah? jaulah pertama di Masjid yang didirikan shalat padanya dan yang kedua berpindah-pindah. Di setiap hari ada 2 halaqah, halaqah pertama di masjid yang didirikan shalat padanya, yang kedua di rumah. Mereka tidak senang kepada seseorang kecuali bila dia mengikuti mereka. Tidak diragukan lagi bahwa ini adalah bid?ah dalam agama yang tidak diperbolehkan Allah Ta?ala.

    3. Mereka berpendapat bahwa dakwah kepada tauhid akan memecah belah ummat saja.

    4. Mereka berpendapat bahwa dakwah kepada sunnah juga memecah belah ummat.

    5. Pemimpin mereka berkata dengan tegas bahwa: Bid?ah yang bisa mengumpulkan manusia lebih baik daripada sunnah yang memecah belah manusia.

    6. Mereka menyuruh manusia untuk tidak menuntut ilmu yang bermanfaat secara isyarat atau terang-terangan.

    7. Mereka berpendapat bahwa manusia tidak bisa selamat kecuali dengan cara mereka. Dan mereka membuat permisalan dengan perahu Nabi Nuh ?alaihis salam, siapa yang naik akan selamat dan siapa yang enggan akan hancur. Mereka berkata: ?Sesungguhnya dakwah kita seperti perahu Nabi Nuh.? Ini saya dengar dengan telinga saya sendiri di Urdun (Yordania ?ed) dan Yaman.

    8. Mereka tidak menaruh perhatian terhadap tauhid Uluhiyyah dan Asma` was Sifat.

    9. Mereka tidak mau menuntut ilmu dan berpendapat bahwa waktu yang digunakan untuk itu hanya sia-sia belaka.? (Dinukil dari kutaib Hadzihi Da?watuna wa ?Aqidatuna, Syaikh Muqbil bin Hadi al Wadi?i rohimahulloh hal. 15-17)

    Comment by atsari — August 27, 2012 @ 11:15 pm

  107. sebaiknya ada perwakilan ulama ato dai dari jamaah tabligh dtg ke ust.abdul untuk membicarakan mslh ini dg dialog ilmiah.siapa th selama ini beliau keliru akhrny taubat.ato sblkny siapa th slma ini jamaah tblg keliru akhrny bs ikt yg bnr.hadapi dg pikiran yg jernih dg siap menerima kbnrn dr siapapun dg dialog ilmiah.setuju saudara-saudara muslim..?

    Comment by pecinta dakwah — September 1, 2012 @ 2:59 pm

  108. Assalamualaikum,,

    jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. (An-Nisa: 59)

    Sesungguhnya telah datang dari Tuhanmu bukti-bukti yang terang; maka barangsiapa melihat (kebenaran itu), maka (manfaatnya) bagi dirinya sendiri; dan barangsiapa buta (tidak melihat kebenaran itu), maka kemudharatannya kembali kepadanya. Dan aku (Muhammad) sekali-kali bukanlah pemelihara(mu).
    (Al-An?aam: 104)

    ?Siapa yang Allah kehendaki kebaikan baginya, Allah akan faqihkan (pahamkan) dia dalam agamanya.? (Muttafaqun ?alaihi)

    Sesungguhnya Islam adalah berserah diri, berserah dirilah kepada Allah, jangan berserah diri kepada hawa nafsu yang selalu menginginkan keburukan, salah satunya adalah menginginkan menang sendiri…

    Wallahu A’lam Bishawab

    Comment by Lux Ferre — September 11, 2012 @ 7:46 pm

  109. ustaz ni ustaz wahabi . wahabi = babi

    Comment by mustaza — September 18, 2012 @ 12:25 am

  110. @Moeslem China
    di perusahaan tempat saya dulu bekerja, ada dauroh salafy, menginap satu malam di hotel di bandung, membawa anak istri. bukan di masjid

    Comment by Abu Salafi — September 18, 2012 @ 5:02 pm

  111. Itu sudah menjadi kebiasaan kaum wahabi selalu mengatakan sesat dan bida’ah pada kelompok lain padahal dirinya sendiri telah jauh tersesat. Para pengikut tanduk setan.

    Comment by Riswanto — September 20, 2012 @ 10:58 pm

  112. Memang salafy adalah aliran islam yang sangat keras dan sangat radikal.

    Comment by MOSLEM CINA — March 21, 2013 @ 10:58 pm

  113. Pengikut aliran salafi wahabi tidak mau peduli dengan penderitaan umat islam di palestina dan umat muslim rohingya.

    Comment by MOSLEM CINA — March 21, 2013 @ 11:03 pm

  114. Pengikut Aliran salafy wahabi adalah kumpulan orang orang egois yang mau menang sendiri ketika diajak bicara.

    Comment by MOSLEM CINA — March 21, 2013 @ 11:10 pm

  115. ?Perbanyaklah mengucap ?Laa Ilaha illaallahu? dan beristighfar. Kerana syaitan berkata, ?Aku telah membinasakan mereka dengan dosa, sedangkan mereka membinasakanku dengan ucapan ?Laa Ilaha illaallahu? serta dengan beristighfar. Ketika aku melihat hal itu, aku binasakan mereka dengan hawa nafsu. Sehingga mereka akhirnya menyangka bahawa mereka terus berada dalam naungan hidayah, dan mereka pun tidak lagi beristighfar? (HR Abu Ya?la dan Ad Dailami).

    Comment by izzy — March 28, 2013 @ 12:22 am

  116. Semua umat muslim percaya kepada

    UMAT ISLAM PECAH MENJADI 73 GOLONGAN
    قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلّيٰ الله عَلَيْهِ وَسلَّمْ : وَالذِّي نَفْسِيْ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَتَفْتَرِقُ اُمَّتِيْ عَليٰ ثَلَثٍ وَسبْعِيْنَ فِرْقَةً فَوَاحِدَةٌ فِيْ الْجَنَّةِ وَثِنْتَانِ وَسَبْعُوْنَ فِيْ النَّارِ قِيْلَ : مَنْ هُمْ يَارَسُوْلَ اللهِ ، قَالَ : اَهْلُ السُّنَّةِ وَالْجَمَاعَةِ ( رواه الطبرَني )
    Artinya : Rosululloh saw bersabda : demi Tuhan yang menguasai jiwa Muhammad, sungguh umatku nanti akan pecah menjadi 73 golongan, satu golongan masuk surga dan yang 72 golongan akan masuk neraka, seorang sahabat bertanya ? siapakah mereka yang masuk surga itu, ya Rosulalloh ? ? Rosul menjawab ? Mereka itu adalah Ahlus Sunnah wal Jama?ah ? ( H. R. Imam Thobroni ).
    Hadits tersebut menyatakan bahwa umat Islam akan terpecah menjadi 73 golongan. Semua akan masuk neraka kecuali satu golongan, yakni golongan yang mengikuti jejak langkah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya ( Ahlu as-Sunnah wa al-Jama?ah ). Apakah Hadits tersebut dapat dipertanggungjawabkan ke-shahih-annya??Memang ada banyak hadits yang menjelaskan tentang hal ini. Semuanya menggunakan redaksi yang berbeda. Diantaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi:
    عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. اِنَّ بَنِيْ اِسْرَائِيْلَ تَفَرَّقَتْ عَليٰ ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِيْنَ مِلَّةً وَتَفْتَرَقَتْ اُمَّتِيْ عَليٰ ثَلاَثٍ وَسَبْعِيْنَ مِلَّةً كُلُّهُمْ فِيْ النَّارِ اِلاَّ مِلَّةً وَاحِيْدَةً قَالُوْا وَمَنْ هِيَ يَا رَسُوْلَ اللهِ ؟ قَالَ مَا اَنَا عَليْهِ وَاَصْحَبِيْ
    ?Dari ?Abdullah bin ?Amr, ia berkata. Rasulullah SAW bersabda, ?Sesungguhnya kaum Bani Israil telah terpecah menjadi tujuh puluh dua golongan. Dan umatku akan terpecah menjadi tujuh puluh tiga golongan. Semuanya akan masuk neraka, kecuali satu golongan?. Lalu sahabat bertanya, ?Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?? Nabi SAW menjawab, ?(Golongan itu adalah orang-orang yang berpegangan pada) semua perbuatan yang telah aku lakukan, serta semua perbuatan yang dikerjakan oleh sahabat-sahabatku,? (Sunan al-Tirmidzi, 2565)
    Mayoritas ulama menyatakan bahwa hadits ini dapat dijadikan pegangan, karena diriwayatkan oleh banyak sahabat Nabi Muhammad SAW. Seorang ahli Hadits, Syaikh Muhammad bin Ja?far al-Hasani al-Kattani mengatakan:
    ?Hadits yang menjelaskan sabda Nabi SAW tentang umatnya yang akan menjadi tujuh puluh tiga
    golongan, satu di surga dan tujuh puluh dua masuk neraka, diriwayatkan dari hadits amiril mu?min ?Ali bin Abi Thalib RA, Sa?ad bin Abi Waqqash, Ibnu ?Umar, Abi al-Darda, muawwiyah, Ibnu ?Abbas, Jabir, Abi Umamah, Watsilah, ?Awf bin Malik dan Amr bin Awf al-Muzanni. Mereka semua meriwayatkan bahwa satu golongan yang akan masuk surga, yakni al-jama?ah.? (Nazh al-Mutanatsir min al-Hadits al-Mutawattir, 58. dikutip dari Syarh Aqidah al-Saffarini).
    Berdasarkan beberapa pertimbangan ini, sudah selayaknya kalau kita meyakini bahwa Hadits tersebut
    memang shahih, sehingga dapat dijadikan pedoman.

    KENA APA SIH UMAT ISLAM INI MENGOLOK-OLOK SATU DENGAN YANG LAIN TIDAK TAKUTKAH KEPADA ALLOH SWT,
    Allah SWT berfirman: Hai orang-orang yang beriman janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok). Dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita yang diperolok-olokkan lebih baik dari wanita yang mengolok-olok. Dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil memanggil dengan gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim. (QS Hujurat:11).

    Dari 73 golongan yang ada akan mengeklaim kelompok sayalah yang sunah wal jamaah.

    Lo kena apa hal ini selalu………selalu…… diperdebatkan!!!!!!!!!!!!!

    Nah kalau pada jaman yang sudah fasad ini masih ada yang mengeklaim ada nabi muncul lagi nah ini baru di PERANGI SAMA-SAMA.

    Bagaimana umat Islam akan jaya pada jaman kejayaan masa Nabi Muhammad SAW,dan para Sahabat jika kita ini adanya bregedegan saja, yang ada marilah kita ini sama-sama bergerak sama-sama berjuang dengan Perjuangan jihad fisabilillah mencari keridhoan Alloh SWT.

    La kalau situasi seperti kayak sekarang ini kayak apa bentuknya berjuang jihad fisabilillah itu…?

    Ya marilah sama-sama kita mengajak semua manusia yang ada di muka bumi ini kembali kepada tujuan ALLAH AZZA WA JALLA, supaya masuk dalam SURGANYA, semampunya.

    SLOW AJA BUNG YANG PENTING SURE !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Comment by Sulis — April 17, 2013 @ 10:09 am

  117. Assalamu?alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Allohuakbar…

    Masih aja kita ini bregedegan dan merasa akulah yang paling baik !

    Kelompokkulah yang paling benar !

    Kelompokkulah yang paling berjasa !

    Kelompokkulah yang paling hebat !

    Kelompokkulah yang paling besar !

    Kelompokkulah yang paling shoheh sesuai ajaran Rasululloh !

    Kelompokkulah ! Kelompokkulah ! Kelompokkulah !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Subhanalloh…

    Mohon bimbinglah kami yang lemah dan Dhoif ini menuju keridhoanMu

    Lailahaillallah Muhammadarrasulullah.

    Allahumma sholli ala Muhammad

    LA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAH

    Comment by Sulis — April 17, 2013 @ 10:43 am

  118. Assalamu?alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Allohuakbar…

    Masih aja kita ini bregedegan dan merasa akulah yang paling baik !

    Kelompokkulah yang paling benar !

    Kelompokkulah yang paling berjasa !

    Kelompokkulah yang paling hebat !

    Kelompokkulah yang paling besar !

    Kelompokkulah yang paling shoheh sesuai ajaran Rasululloh !

    Kelompokkulah ! Kelompokkulah ! Kelompokkulah !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Subhanalloh…

    Mohon bimbinglah kami yang lemah dan Dhoif ini menuju keridhoanMu

    Lailahaillallah Muhammadarrasulullah.

    Allahumma sholli ala Muhammad

    LA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAH

    Comment by Sulis — April 17, 2013 @ 10:55 am

  119. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Saudara saudara muslim…

    Tidakkah kita berpikir bahwa semua ini adalah kelakuan dan perbuatan orang-orang yahudi dan nasoroh yang selalu menghembuskan suatu fitnah-fitnah diantara kita umat muslim diseluruh permukaan bumi ini agar kita saling bermusuh-musuhan.

    Ah aliran apa itu?
    Ah ajaran apalagi itu?
    Ah ajaran baru apalagi itu?
    Ah itu kan sesat tidak ada ajaran Rasullulloh.

    Inilah kerjaan mereka untuk mencari teman !
    Yahudi dan nasoroh jika akan menghancurkan umat islam dengan bom atau diperangi dan dibunuh tidak akan mungkin maka dengan cara lainlah yang dipakainya senjata, misalnya dengan cara mengangkat angkat ham diatas segalanya, melalui mode-mode pakaian yang bebas aurat, makanan-makanan yang tidak jelas kehalalannya ( sehingga do’a orang muslim jadi tidak manjur lagi kepada Alloh ), sehingga silahkan lihat dengan hati yang bersih sekarang ini tidak terlihat mana yang haq dan mana yang batil, samar dan disamarkan semua menjadi baik untuk kepentingannya, sehingga menjadikan kita tidak takut lagi dengan hukum Alloh dan apalagi azabNya, ah apaitu azab emang dah pernah melihat, emang dah pernah ke Surga…, emang dah pernah ke neraka…
    Inilah semua sebetulnya yang di propagandakan kepada umat islam, takutlah Azab Alloh SWT, dan mohonlah ampun dan bertaubat serta mohon hidayah sehingga kita bisa beribadah menuju ridhoNya amin.

    Comment by Sulis — April 17, 2013 @ 11:25 am

  120. assalamu?laykum

    insya Alloh jika diperhatikan dengan baik ustadz abdul hakim berada pada fihak yang benar.

    Comment by budi — April 21, 2013 @ 12:09 am

  121. AKU BERLINDUNG KEPADA ALLOH DARI GODAAN WAHHABI TANDUK SETAN YANG…?????

    Comment by SULTAN — April 25, 2013 @ 2:06 pm

  122. Ustadz hakim abdat tidak lain adalah wahhabi yaitu pengikut yg suka ngadat di kuburan ny ibnu taimiyyah, menuhankan ibnu taimiyyah,minum air basuhan mayat ny, jg si wahhab dari nejed, mohon di maklumi hadirin.

    Comment by SULTAN — April 25, 2013 @ 2:11 pm

  123. aq ni org lalai, dan mencoba untuk bangkit dngn keterpurukan… alhamdulliah saat ini ada kedamain yg aq rasakan, yg kutangkap saat ini bukan penjelasan yg sejauh2nya tp bagaimana semua berawal…
    salafiyah org2nya seperti sngt tertutup, bahkan matanya pun mengisyaratkan kebencian, atas semua tindak tanduk yg sdh terjdi pdku… yg aq tangkap aq ini seperti sdh tdk punya harapan di akhirat kelak…. (maaf aq tdk mau bicara hadits krn jujur aq nggak ngerti sm sekali )tp alhamdulillah saudara aq dr jamaah tablig pernah silatuhrahmi ketempat aq, sunggh sederhana yg mereka inginkan mereka hanya meminta aq datang ke masjid mendatangi rumah Allah, senyum, ramah dan tdk sedikitpun menceritakan kebencian antar sesama, bahkan mereka mendoakan umat di seluruh dunia tdk menggolong2kan siapa saja…. subehanallah. tdk ada kebencian sm sekali yg kudengar selain bersama menuju ridho Allah…. klo memang saudaraku yg lain bisa menyampaikan yg lbh baik mohon komentarnya…. krn setengah dr hdpku sdh kulalui dngn tdk benar….

    Comment by bombom — May 4, 2013 @ 10:27 am

  124. jgn ragu2…buat usha ikhtilas…yaqin ini perintah Allah..tapi jgn ban usha yg lain.. gila, sesat, ini title nabi oleh arab jahili

    Comment by abu — May 18, 2013 @ 4:53 am

  125. ini bukan ustad.. bastard…..

    Comment by abu — May 18, 2013 @ 4:55 am

  126. tuan” yg dmuliakan Alloh ,,
    kita belajar iman dan amal hanya untuk cari ridha’Alloh..
    Jng terkesan dengan hina’an dan cacian bahkan pujian sekalipun..
    Ga perlu pengakuan makhluk…
    Buat apa? Klo makhluk rida tp Alloh murka..

    Buat saudara”ku salafiyin
    apakah ada org yang berjalan diatas kesesatan tp dia wafat saat sakaratul maut ucap laillahailalloh.??
    Dan it bnyk terjadi pada (alm)teman”JT..

    Terlalu naif al.fakir berdebat kpd saudara semuslim..
    Terlalu sering lisan ini menyakiti hati manusia..
    Jd sy ga mau tambh dosa..
    Dan insya’alloh meninggalkan perdebatan ada faedah tersendiri

    kita doa bidoa smoga kita sma” diberi petunjuk untk terus islah diri sampai akhrny mati dlm keadaan husnulkhotimah..

    Mohon maaf..

    Comment by fariz al fakir — July 23, 2013 @ 12:51 pm

  127. Semoga Allah beri petunjuk kepada beliau.

    Comment by ibnu yassin — August 12, 2013 @ 11:18 am

  128. Oh Allah, lihatlah hamba-hambamu ini yang dha’if dan hina…
    ampuni kami ya rabb… tunjukilah kami bahwa yang haq itu haq dan yang bathil itu bathil.
    jadikan kami faqih dalam agamamu agar kami yang awam ini tidak terombang ambing.
    Selamat kami dunia dan akhirat wahai Rabb yang jiwaku berada di genggamanMu.
    Aku mencintai saudara2ku seiman, maka satukanlah kami ya Rabb… selamatkan kami semua dari fitnah dunia, fitnah akhir zaman, fitnnah orang2 yahudi & nasrani, fitnah orang2 yang tidak mengerti agamamu dan lindungilah kami semua dari fitnah dajjal.

    Aamiin Aamiin yaa rabbal ‘aalamiin…

    Comment by muhasabah — September 10, 2013 @ 11:08 pm

  129. belajar lah menerima kebenaran

    Comment by sony cortez — October 2, 2013 @ 6:46 pm

  130. Subhanallah apa yg diuraikan diatas , wallahi demikianlah sebenarnya jamaah tablig
    Dengan berharap dapat mengetahui bagaimana beribadah yang benar sesuai Sunnah Rasulullah, kami ikut JT.
    Suami tiap th khuruj 4 bln IPB (7 kali) ,hidmat di Nizamudin , 4 bln negri jauh (Amerika). Masturoh 2 bln ke IP , dibai?at di Nizamudin (oleh maulana Inamul Hasan). Makin banyak syubhat yg saya dapatkan ,saya tanya disurat apa atau dihadist mana perintah khuruj itu ? bukannya jawaban yg kami dapatkan tapi kemarahan (pasti tidak dapat menyebutkan dalil krn memang ini adl da?wah ala maulana Ilyas).
    Niat baik dan semangat saja tidaklah cukup, tapi harus dimulai dengan mencari ilmunya sebelum kita beramal.
    Seyogianya seorang mu?min itu tidak sekedar berbicara , berpendapat tanpa dasar , apalagi urusan AGAMA .
    Take time untuk membaca , belajar merenungi , ukur capasitas diri .Kalau tidak paham , lebih baik bertanya , lebih banyak lagi mengkaji kitab-kitab para ulama salaf (para sahabat Rasulullah ,tabi?in , tabi?ut tabi?in dan yang mengikuti mereka) menelaah bagaimana pemahaman mereka , bagaimana praktek mereka , sehingga kita tidak tergelicir dalam memberikan pandangan yang menyesatkan dan berlepas diri dari apa yang mereka amalkan.
    Allah berfirman :??. Diantara hamba-hamba Allah yang paling takut kepada-Nya hanyalah para ulama?. (Al Fathir 28) .
    Semakin berilmu?mereka akan semakin takut pada Allah?..mereka akan semakin tawadhu?..mereka akan semakin berhati-hati dalam menggunakan lisannya?.menjaga tangannya menjaga hatinya?semoga Allah memasukkan kita menjadi seorang diantaranya , amin .
    Terkadang?.bila membaca dan menganalisa perkataan ulama, tulisan para ulama, fatwa ulama, ulasan para tholabul ilmi yang sangat jelas (clear like crytal clear) jadi bertanya-tanya?..Kalaulah mereka saja tidak mampu meyakinkan dan memberikan penjelasan yang memuaskan ?.apalagi artinya hamba yg dhoif ini dibanding dengan mereka.
    Hendaklah kita bertaqwa kepada Allah, wahai saudaraku. Jangan mengkhianati Allah, Rasulullah, Al-Qur?an dan kaum muslimin. Jangan kita menipu orang awam. Jangan mengukur urusan apapun semata-mata hanya dengan perasaan kita, sebab dienullah sangat terang benderang, malamnya sebagaimana siangnya, tidak akan ada yang menyimpang darinya sepeninggal beliau shalallalahu ?alaihi wa sallam melainkan orang yang pasti binasa.
    Allah telah menyempurnakan dien-Nya, termasuk dalam hal ini ialah jalan dakwah. Ini merupakan perkara tauqifi, harus atas petunjuk Al-Qur?an dan As-Sunnah berdasarkan pemahaman salafush shalih. Sedangkan apa yang tidak sesuai dengannya, maka ia adalah bid?ah dan kesesatan, sekalipun namanya dipoles dengan apa saja dan biarpun memamerkan berjuta dalih. Apakah kita tega untuk menyatakan sesat orang yg memang telah disesatkan oleh para ulama kaum muslimin ?? apakah kita tetap lebih mendahulukan ?perasaan kita? dr pd ?ilmu? yg menerangkan siapa mereka sebenarnya??.Apakah kita ragu untuk membela Agama Allah dari kerusakkan yg mereka lakukan??Ataukah kita malah menyalahkan orang yg menerangkan tentang kesesatan mereka??
    Yuuuu belajar masalah agama,masalah tauhid,syirik,sunnah ,bid?ah ,sirah nabawiyah yg shahih dst .
    semoga Allah memberikan hidayah kepada kita .semoga Allah mengampuni kita dan menuntun kita diatas Al-Haq
    Wallahi tidak ada niat kami selain mengingatkan kami dan juga anda sekalian jangan sampai sesat dan menyesatkan

    Comment by ummi hanif — January 4, 2014 @ 9:03 am

  131. Nabi berdakwah tidak menunggu diundang dan tidak dibayar, itulah yang diikuti JT

    Comment by budi hidayatullah — January 8, 2014 @ 10:49 am

  132. Apakah islam mengajarkan kita saling caci .adu domba dll? Menurut ana org awam !nabi mengajarkan kt saling menyayangi sesama muslim ! Memberikan nasihat dengan perkataan yg tidak menyakiti perasaannya&doakan supaya diberi hidayah &taufiq atas kesalahannya,…jangan lah kita menuduh bid,ah sesat dll seandainya beda pendapat dgn kita..ana atas nama ummat islam ber doa kepada allah supaya ulama syaikh /ustadz mengajarkan ilmu kasih sayang & tidak berburuk sangka sesama kaum muslimin..inilah ajaran islam(rohmatan lilalamin)yg dibawa rosululloh

    Comment by gogon gigi56 — March 10, 2014 @ 8:27 pm

  133. Apakah islam mengajarkan kita saling caci .adu domba dll? Menurut ana org awam !nabi mengajarkan kt saling menyayangi sesama muslim ! Memberikan nasihat dengan perkataan yg tidak menyakiti perasaannya&doakan supaya diberi hidayah &taufiq atas kesalahannya,…jangan lah kita menuduh bid,ah sesat dll seandainya beda pendapat
    dgn kita..ana atas nama ummat islam ber doa kepada allah supaya ulama syaikh /ustadz mengajarkan ilmu kasih sayang & tidak berburuk sangka sesama kaum muslimin..inilah ajaran islam(rohmatan lilalamin)yg dibawa rosululloh

    Comment by gogon gigi56 — March 10, 2014 @ 8:29 pm

  134. fokus saja pada dakwah dan tabligh, tetap risaukan ummat, sesuaikan dengan risau nabi
    bagaiman agar orang islam di indonesia kembali pada fitraoh dia sebagai muslim. kerja terus,
    seperti saudara kita di belahan bumi yg lain, mereka mengislamkan orang eropa dan amerika, tambah korban dan berangkat ke negeri jauh.
    buat teman salafy, bula omongan salafy di dengarin kita akan banyak kehilangan waktu , dia sengaja menghambat gerakan agar kita mau ladeni mereka dan sibuk meladeni mereka, yang tujuan akhirnya mereka mengajak pada ta;lim mereka, dakwah di tinggalkan, kan mereka tidak ada pergerakan dakwah yang ada ta’lim doang, cuma di pesetin bahwa ta’lim mereka tuh dakwah

    Comment by Ibrahim — March 27, 2014 @ 8:21 pm

  135. Un grand remerciement ? l’admin de ce site

    Comment by Nannette — May 25, 2014 @ 9:15 pm

  136. Orang-orang dungu lah yang tidak mau mendengarkan dan menerima yang haq (kebenaran) dari orang yang menyampaikan kebenaran, hanya merekalah yang lebih banyak mengumbar hawa nafsunya saja dan mereka lebih baik menerima bualan dan bisikan syaithon dan sekutunya daripada menerima dakwah orang yang ‘alim. Jangan kalian asal menuduh seseorang yang sembarang seperti istilah wahabi kalau belum mengetahui apa istilah wahabi itu, tolong kalian cari sejarah istilah wahabi itu dengan sebenarnya ? dan tolong kalian baca kitab para ulama mengenai pemahaman ahlussunnah wal jamaah dan kemuliaan orang menuntut ilmu agama secara kaffah. Semoga kalian(tablghiun/para jema’ah tabligh) dibukakan hati, mata dan isi kepala kalian menerima kebenaran yang hakiki oleh Allah Ta’ala, hanya kepadaNya kita agar ditunjukkan agama yang lurus yang sesuai dengan yang dibawakan oleh Rasulullahu ‘alaihi wa sallam yang diikuti oleh para sahabatnya dan generasi seterusnya serta para ulama yang mengikutinya dan kita juga mengikutinya apa yang dipahami mereka, dan kita do’akan kepada mereka yang menyampaikan dakwah agama islam yang lurus selalu dilindungi oleh Allah subhanahu wa ta’ala..bagi yang mengikuti kesesatan agar kembali ke jalan agama yang lurus bukan mengikuti jalan syaithon dan manusia pembawa kesesatan… amiin

    Comment by Abu Arga — June 12, 2014 @ 12:22 pm

  137. Wahabi Product Yahudi !!!

    Comment by X3N1 — June 18, 2014 @ 2:20 pm

  138. C’est un v?ritable bonheur de visiter votre post

    Comment by Issuu.com — June 23, 2014 @ 7:11 pm

  139. Kalau menuntut ilmu dengan bikin yayasan banyak-banyak mengharap bantuan dari saudi, itu bid’ah bukan? ada dalilnya ? kalo ada dalilnya berarti shoheh, kalau ngga ada dalilnya berati bid’ah=sesat=neraka.

    Comment by Kyai Cool — June 25, 2014 @ 3:04 am

  140. Vos post sont clairement attrayants

    Comment by gode — July 12, 2014 @ 12:22 pm

  141. On peut te dire que ce n’est gu?re faux !!!

    Comment by vid?o cinglante avec de la gorge profonde hard — July 12, 2014 @ 4:08 pm

  142. This can help you only look for vacuums that meet this price criterion and you will not be tempted to
    look at a vacuum that is out of your price range. As can be seen from the above applications, cleaners of this type have a wide
    variety of uses. For bagless vacuum machines, check the compartment where dust is stored.

    Comment by Jaibrot.Tumblr.com — August 23, 2014 @ 10:14 am

  143. This unit’s small size likewise helps make it the right complement to some
    family kitchen. The pre-infusion system and 15 bar pressure pump provide the power to extract that true espresso flavour.
    Look for any clean, sleek design and good performance.

    Comment by mycustomstory.blogspot.com — August 23, 2014 @ 11:58 am

Leave a comment

Line and paragraph breaks automatic, e-mail address never displayed, HTML allowed: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


Close this window.

1.396 Powered by WordPress